Samsung Kembali Hadirkan Proteksi Burn In OLED di One UI 6.1

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja menggulirkan One UI 6.1 ke sejumlah perangkat besutannya. One UI jenis terbaru ini datang dengan sejumlah fitur anyar, termasuk salah satunya adalah Galaxy AI.

Namun tidak hanya itu, Samsung dilaporkan juga membawa perubahan lewat One UI 6.1. Mengutip info dari 9to5Google, Rabu (3/4/2024), perusahaan asal Korea Selatan itu juga mengembalikan lagi keahlian perlindungan burn-in di layar OLED.

Sesuai namanya, perlindungan ini datang untuk melindungi kemungkinan terjadinya burn-in di layar OLED. Namun di One UI 6, Samsung diketahui sempat menghapus sebagian keahlian perlindungan burn-in di OLED.

Adapun langkah kerja fitur ini adalah menggeser sedikit posisi ikon di bilah status untuk mencegah layar mengalami kondisi burn-in ketika dipakai dalam penggunaan jangka panjang.

Sebenarnya, di update sebelumnya, fitur ini tidak sepenuhnya hilang, lantaran Samsung tetap melakukannya pada bilah navigasi di bagian bawah layar dan ketika Always-On Display aktif. Namun dengan update ini, keahlian tersebut kembali datang di bilah status.

Hanya untuk sekarang, kehadiran fitur ini baru diuji di Galaxy S23. Belum diketahui, apakah perangkat lain nan mendapatkan One UI 6.1 juga menerima fitur ini, tapi nyaris dipastikan Samsung juga bakal membawanya ke perangkat lain.

Untuk diketahui, Samsung sendiri memang telah menggulirkan One UI 6.1 ke sejumlah perangkat sejak beberapa hari lalu. Sebagai andalan, ada fitur Galaxy AI nan dihadirkan lewat pembaruan ini.

Bagi pengguna di Indonesia, update ini sudah diluncurkan secara berjenjang sejak 28 Maret 2024. Adapun daftar HP Samsung nan mendapatkan pembaruan ini adalah :

  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip5
  • Galaxy Z Fold5
  • Galaxy Tab S9 (5G)
  • Galaxy Tab S9 Plus (5G)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (5G)
  • Galaxy Tab S9 (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Plus (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (Wi-Fi)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Galaxy AI Hadir di Lebih Banyak HP Samsung Mulai 28 Maret 2024

Untuk mendapatkan fitur Galaxy AI, pengguna perlu melakukan pembaruan software, berikut caranya:

  • Buka “Settings”
  • Pilih “Software Update
  • ”Pilih “Download and Install”

Setelah melakukan pembaruan, maka perangkat bakal mendapatkan perangkat lunak One UI 6.1 beserta fitur Galaxy AI.

Galaxy AI mempunyai sejumlah fitur berbasis AI nan dapat meningkatkan produktivitas keseharian, menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, hingga mengekspresikan produktivitas melalui smartphone Samsung.

Fitur Unggulan Galaxy AI

Photo Assist, Bantu Bikin Konten jadi Epik

Photo Assist menjadi fitur Galaxy AI nan paling banyak digunakan pengguna Galaxy S24 Series lantaran fitur ini memudahkan pengguna mengedit foto dan bikin konten dengan hasil terbaik.

Photo Assist terdiri dari fitur-fitur canggih seperti Edit Suggestion nan bisa menyempurnakan foto alias video lewat saran editing berbasis AI.

Kemudian, terdapat Generative Edit dengan kegunaan Background Filling untuk bikin foto nan miring menjadi lebih proporsional tanpa cropping alias memindahkan objek dengan hasil editing nan halus.

Fitur ini bakal sangat berfaedah bagi pengguna S23 Series dan S23 FE nan mau menghasilkan konten nan lebih menarik.

Click to Search, Cari Informasi jadi Lebih Cepat

Circle to Search with Google menjadi fitur Galaxy AI diminati lantaran fitur ini membikin pencarian online jadi lebih mudah tanpa repot mengetik kata kunci.

Dengan fitur ini, mencari info dari layar smartphone jadi semakin lebih mudah. Cukup lingkari apa nan sedang tampil di layar smartphone, dan Galaxy AI bakal mencari info lebih lanjut mengenai apa nan mau dicari.

Fitur Tambahan nan Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas

Pembaruan Galaxy AI ke lebih banyak smartphone Samsung memungkinkan lebih banyak pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.

Pengguna flagship seri terdahulu Samsung sekarang dapat menggunakan fitur seperti Note Assist, Transcript Assist, dan Web Assist untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Selain itu, terdapat fitur Live Translate dan Chat Assist nan dapat membantu untuk berkomunikasi lintas bahasa.

Komunikasi antar bahasa menjadi lebih mudah dengan 13 bahasa nan didukung oleh fitur Galaxy AI ini.

Fitur ini dapat bekerja apalagi jika musuh bicara tidak menggunakan smartphone Samsung Galaxy.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6