Samsung Galaxy S25 Ultra Hanya Punya 3 Kamera, Ini Bocorannya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Rumor seputar Galaxy S25 Ultra semakin santer beredar. Setelah sebelumnya terdapat rumor jika ponsel itu bakal menggunakan teknologi AI untuk menghadirkan daya tahan baterai nan lebih panjang, sekarang muncul berita jika HP Samsung tersebut bakal datang dengan tiga kamera saja.

Samsung dilaporkan sekarang tengah menguji purwarupa awal dari Galaxy S25 Ultra. Dikutip dari Gizmochina, Rabu (15/4/2024), rumor terbaru dari tipster @ISAQUES81 membagikan tiga aspek baru pada sistem kamera Galaxy S25 Ultra.

Menurut bocoran itu, purwarupa Samsung Galaxy S25 Ultra hanya mempunyai tiga kamera, alih-alih menggunakan empat kamera seperti seri Ultra sebelumnya. Samsung dilaporkan telah membuang modul lensa telefoto 3x nan dianggap tidak terlalu berguna, dan diganti dengan zoom digital.

Tiga kamera tersebut bakal terdiri dari lensa utama, lensa ultra-wide, dan lensa periscope untuk telephoto.

Samsung juga dikabarkan telah melakukan penelitian dengan kamera zoom dari ponsel itu. Jadi, mereka mengganti kamera telefoto 10MP 10x dengan kamera 50MP dengan keahlian zoom 5x.

Selain itu, kamera utama dari S25 Ultra tetap mempertahankan ukuran dan sensor nan sama dari seri terdahulu. Namun kali ini, sensor di Samsung Galaxy S25 Ultra akan dapat menangkap lebih banyak cahaya, dengan aperture lebih besar.

Aperture nan lebih besar disebut bakal membantu sensor menangkap lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan kualitas foto nan lebih baik dari sebelumnya.

Untuk kamera periskop, HP Samsung ini membenamkan sensor nan lebih besar dari Galaxy S24 Ultra. Sensor ini menghadirkan perincian nan lebih tajam apalagi pada hasil foto nan telah di-zoom.

Perubahan terbesar di kamera periskop Samsung Galaxy S25 Ultra ini adalah penambahan variabel zoom nan signifikan terhadap kualitas gambar dalam bidikan nan diperbesar.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengenggam langsung ponsel baru Samsung Galaxy S23 series nan terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra. Seperti apa penampilan HP Android baru milik Samsung ini? Simak video singkatnya. C...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Samsung Galaxy S25 Ultra Bakal Hadirkan Varian RAM Lebih Besar Ketimbang Galaxy S24 Ultra

Meski dirumorkan bakal menghilangkan salah satu kamera belakang, Samsung Galaxy S25 Ultra bakal datang dengan kapabilitas RAM lebih besar dari pendahulunya.

Menurut laporan dari Sawyer Galox, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Selasa (14/5/2024), Samsung Galaxy S25 Ultra bakal datang dengan tiga jenis berbeda.

Pertama, terdapat jenis RAM 126GB dengan penyimpanan 256GB. Kemudian terdapat jenis RAM 16GB dengan penyimpanan 512GB dan jenis RAM 16GB dengan kapabilitas 1TB.

Peningkatan kapabilitas RAM di Galaxy S25 Ultra (lebih besar dari Galaxy S24 Ultra) dinilai masuk akal. Sebab, ukuran sebesar itu bakal mengakomodir ponsel ini dalam menjalankan beragam tugas berat, termasuk Galaxy AI nan mempunyai beragam fitur dengan teknologi kepintaran buatan (AI).

Samsung juga dikabarkan bakal menggunakan teknologi LPDDR5X untuk RAM dan UFS 4.0 untuk jenis penyimpanan nan digunakan di Galaxy S25 Ultra mendatang. Detail lain dari HP Samsung ini adalah penggunaan layar berukuran 6.9 inch.

Galaxy S25 Ultra Pakai Baterai nan Sama dengan Galaxy S21 Ultra

Sementara itu, untuk menekan nilai jual dari seri Galaxy S25 Ultra, Samsung diperkirakan bakal mempertahankan kapabilitas baterai 5.000mAh nan telah dipakai sejak Galaxy S21 Ultra.

Tak hanya mempertahankan kapabilitas baterai, Samsung juga tetap mempertahankan kecepatan pengisian daya untuk Galaxy S25 Ultra.

Bocoran tersebut berasal dari leaker Sawyer Galox, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Rabu (1/5/2024). Dalam bocoran itu, dia mengatakan Samsung masih bakal mempertahankan baterai 5.000mAh dengan kecepatan charging 45W di Galaxy S25 Ultra.

Tak hanya itu, Sawyer juga membocorkan rencana Samsung untuk menunda penerapan teknologi baterai baru di Galaxy S25 Ultra. Disebutkan, jika teknologi anyar itu baru bakal diterapkan di Galaxy S26 Ultra.

Upaya tersebut dilakukan oleh Samsung guna menekan biaya produksi. Alasannya, dengan penggunaan baterai teknologi lama, dikhawatirkan bakal mengurangi pendapatan Samsung pada Galaxy S25 Ultra.

Pakai Dua Prosesor Berbeda

Sebelumnya terdapat rumor nan mengatakan, Galaxy S25 series akan menggunakan chipset Exynos untuk seluruh wilayah di dunia.

Namun, sebuah unggahan terkini dari DigiTimes melaporkan perihal sebaliknya. Dikutip dari GSM Arena, Kamis (4/4/2024), Samsung kemungkinan bakal pakai chipset Qualcomm juga.

Sayangnya, info tersebut tidak menyertakan perincian model HP Android milik Samsung ini nan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 4 atau Exynos 2500.

Berkaca dari peluncuran seri Galaxy S24 tahun ini, besar kemungkinan hanya model Galaxy S25 Ultra nan memakai Snapdragon.

Sementara itu, untuk model Galaxy S25 dan Galaxy S25 Plus bakal menggunakan Snapdragon alias Exynos--tergantung dari wilayah mana beli HP Android baru Samsung tersebut.

Awal bulan kemarin leaker dengan akun media sosial X @OreXda membagikan bocoran Galaxy S25 dengan Exynos 2500.

Hal ini tentu saja berbeda dari Galaxy S24 series saat ini, di mana perusahaan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon di beberapa wilayah.

@OreXda juga menyebutkan, lini HP Android milik Samsung lainnya, Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 hanya bakal menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6
↑