Rupiah Loyo Jelang Keputusan Suku Bunga The Fed

Sedang Trending 6 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Indeks dolar Amerika Serikat (USD) menguat pada Senin, 10 Juni 2024.

"Indeks dolar menguat pada hari Senin, melanjutkan kenaikan kuat dari hari Jumat setelah laporan nonfarm payrolls nan kuat menunjukkan para pedagang secara tajam mengurangi ekspektasi penurunan suku kembang pada bulan September," kata Ibrahim Assuaibi, Direktur PT. Laba Forexindo Berjangka dalam keterangan di Jakarta, dikutip Senin (10/6/2024).

Fokus pasar saat ini berada pada pertemuan The Fed mendatang mengenai suku bunga, nan bakal diputuskan pada hari Rabu besok (12/6).

Sejauh ini, Bank sentral AS diperkirakan bakal mempertahankan suku kembang tetap stabil.

"Namun isyarat apa pun mengenai kebijakan di masa depan bakal diawasi dengan ketat, terutama setelah tanda-tanda ketahanan inflasi AS dan pasar tenaga kerja AS baru-baru ini," papar Ibrahim.

Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah pejabat The Fed telah memperingatkan bahwa bank sentral bakal mempertahankan suku kembang tinggi lebih lama mengingat inflasi AS masih tinggi dan kekuatan pasar tenaga kerja.

Adapun info nonfarm payrolls nan kuat pada hari Jumat juga memperkuat pendapat tersebut.

Sebelum keputusan suku kembang The Fed pada hari Rabu, info inflasi indeks nilai konsumen utama AS juga bakal dirilis minggu ini, dan diperkirakan menunjukkan inflasi tetap jauh di atas sasaran 2% pada bulan Mei.

Di Asia, data produk domestik bruto Jepang menunjukkan pelemahan pada kuartal pertama 2024.

Rupiah melemah pada Senin, 10 Juni 2024

Rupiah ditutup melemah 87 point dalam perdagangan Senin sore (10/6), walaupun sebelumnya sempat melemah 110  point  dilevel Rp. 16.282 dari penutupan sebelumnya di level Rp.16.196.

"Sedangkan perdagangan besok, mata duit Rupiah naik turun namun ditutup melemah direntang Rp. 16.270 - Rp.16.330," ungkap Ibrahim.

Disclaimer: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan pribadi dari seorang pengamat. Analisis ini tidak bermaksud membujuk pembaca untuk membeli, menahan, alias menjual produk alias sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun untung nan timbul dari keputusan tersebut.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6