Rupiah Dibuka Perkasa Lawan Dolar AS, Sentuh 15.386

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi menguat sebesar 0,38 persen alias 59 poin menjadi 15.386 per dolar AS dari sebelumnya 15.445 per dolar AS.

Pengamat pasar duit Ariston Tjendra mengatakan sentimen kebijakan suku kembang referensi tinggi Amerika Serikat (AS) nan sudah mencapai puncak mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS.

“Sentimen kebijakan suku kembang referensi tinggi AS nan mungkin sudah mencapai puncaknya, kelihatannya tetap bersambung hari ini dan bisa mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini," ujar Ariston dikutip dari Antara, Selasa (21/11/2023).

Data inflasi AS terbaru nan dirilis menurun pada pekan lampau meningkatkan ekspektasi bahwa suku kembang referensi AS tidak bakal memperkuat lebih lama lagi.

Laju inflasi AS Oktober 2023 datar dibandingkan perkiraan sebelumnya 0,1 persen secara month to month (mom) dan mencapai 3,2 persen year on year (yoy) dengan ekspektasi 3,3 persen.

Pelemahan Dolar AS

Selain itu, indeks dolar AS tetap berada dalam tekanan lantaran bergerak lebih rendah dari Senin (20/11), ialah 103,30 dari sebelumnya 104.

Di sisi lain, ekspektasi pelaku pasar dapat berubah tergantung dari perkembangan info ekonomi AS dan pernyataan petinggi bank sentral AS terbaru.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6