Rumor Terbaru Apple Watch X, Punya Kamera Depan Buat Video Call dan Foto

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Apple dikabarkan bakal merilis arloji pandai terbarunya. Jam tangan tersebut dirumorkan bakal mempunyai nama Apple Watch X.

Apple Watch X disebut menjadi smartwatch anyar Apple nan digadang-gadang menghadirkan sejumlah fitur baru. Hal itu dilakukan lantaran arloji ini bakal menandai seremoni 10 tahun sejak perilisan Apple Watch generasi pertama.

Ada rumor baru bahwa Apple Watch X bakal menghadirkan kamera depan berbentuk punch hole. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/5/2025), agensi kreasi dari Jerman, Wordsmatrr, telah membikin kreasi konsep dari arloji Apple itu.

"Kami telah mengerjakan konsep kreasi perincian Apple Watch X selama lebih dari 3 bulan hingga saat ini dan telah mengumpulkan beberapa rumor, paten, dan buletin tentang Apple Watch nan bakal datang" ucap perwakilan dari Wordsmatrr, Lukas Gehrer.

Desain Apple Watch terbaru dari Wordsmatrr ini menunjukkan corak nan mirip dengan Apple Watch Ultra dengan ketebalan lebih ramping. Tak hanya itu, terdapat kamera FaceTime 8MP berbentuk punch-hole di bagian atas smartwatch.

Konsep tersebut memperlihatkan Apple Watch X bakal mendukung video call dan apalagi bisa diajak buat fotografi.

Meski begitu, kreasi tersebut tetap menjadi sebuah konsep dan tetap belum diketahui secara pasti kreasi dan keahlian nan akan dihadirkan oleh Apple Watch X.

Samsung mengeluarkan arloji pandai nan siap menyaingi Apple Watch pada aktivitas online kreator elektronik Korea Selatan Mobile World Congress (MWC).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Apple Watch X Hadirkan Perubahan Besar-besaran

Berdasarkan laporan sebelumnya, Apple dirumorkan bakal menghadirkan sejumlah penemuan dan kegunaan baru di Apple Watch X mendatang. 

Berdasarkan info nan beredar di internet saat ini, akun media sosial X @ConceptCentral dan Sam Kohl dari AppleTrack pun membikin sebuah gambar dan video render Apple Watch X.

Mengutip Gizchina, Senin (22/4/2024), Apple Watch X bakal tampil dengan kreasi baru dan digadang-gadang bakal merevolusi pasar arloji pandai dunia.

Leaker terkenal Apple, Mark Gurman menyebutkan, perubahan besar-besaran seperti iPhone X bakal terjadi terhadap arloji pandai generasi ke-10 milik Apple itu.

Banyak pihak meyakini, penerus Apple Watch 9 series ini bakal mempunyai fitur pemantauan kesehatan tingkat lanjut. Bocoran menyebutkan, perangkat ini kemungkinan bakal menggabungkan fitur pemantauan apnea tidur dan pemantauan glukosa darah.

Fitur Kesehatan Apple Watch X

Pemantauan apnea tidur atau sleep apnea melibatkan pencarian pola pernapasan dan tidur pengguna.

Selain itu, kegunaan ini juga bakal memperingatkan pengguna jika mereka mungkin menderita apnea tidur. Nantinya, pengguna bakal mendapatkan rekomendasi kunjungan ke master jika perlu.

Sebaliknya, pemantauan glukosa darah dirancang untuk menunjukkan tren kadar gula darah pada kondisi pradiabetes bukan pembacaan tingkat medis untuk perseorangan penderita diabetes.

Fitur ini dicapai melalui spektroskopi serapan inframerah gelombang pendek, menyinari kulit pengguna untuk menentukan konsentrasi glukosa dalam aliran darah.

Apple Pernah Kepikiran Buat Apple Watch Kompatibel dengan Android

Di sisi lain, Apple saat ini tengah menghadapi gugatan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Perusahaan itu dituduh telah melakukan monopoli dan menghindari persaingan.

Dalam gugatannya, Departemen Kehakiman AS menggunakan Apple Watch sebagai salah satu bukti jika Apple melakukan monopoli.

Seperti diketahui, Apple Watch saat ini hanya kompatibel dengan perangkat besutan Apple, seperti iPhone. Menjawab tuduhan tersebut, perusahaan pun menyanggah kalau smarwatch besutan mereka eksklusif. 

Mengutip info dari 9to5Mac, Senin (25/3/2024), Apple mengungkap sebenarnya perusahaan pernah mencoba agar bisa membawa Apple Watch ke Android.

Bahkan, perusahaan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun untuk mencoba melakukan perihal tersebut. Namun, rencana itu tidak dilanjutkan lantaran persoalan teknis dan pendapat untuk membawa Apple Watch ke Android pun dibatalkan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6