Resmikan Bendungan Ameroro Senilai Rp 1,5 Triliun, Jokowi Harap Manfaatnya Jauh Lebih Besar

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro dan penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Peresmian dilakukan di Bendungan Ameroro, Selasa (14/5/2024).

Jokowi dalam sambutannya mengatakan di beberapa negara saat ini mengalami krisis air. Ke depan, air bakal menjadi sesuatu nan sangat penting. Sehingga dia tak mau membiarkan air untuk mengalir terus ke laut tanpa dimanfaatkan.

"Oleh lantaran itu, sejak 2020 dibangun Bendungan Ameroro. Ini adalah waduk nan ke-40 nan telah kita bangun dan selesai di akhir 2023 lalu. Dibangun dengan biaya Rp 1,57 triliun. Kita minta manfaatnya jauh lebih besar dari duit nan dipakai untuk membangun bendungan," ujar Jokowi.

"Yang kedua, untuk KSPN di Wakatobi nan telah dilakukan penataan. Semua telah disentuh dan diperbaiki. Kita harapkan wisata di waktu dekat semakin baik dan semakin meningkat," kata Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono nan turut datang pada kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan waduk bermaksud untuk peningkatan volume tampungan air. Sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku, dan pengendalian banjir.

"Pembangunan waduk diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian waduk nan dibangun dengan biaya besar dapat memberikan faedah nan nyata, dimana air bakal mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," ungkap Basuki.

Menurut info Kementerian PUPR, daya tampung Bendungan Ameroro sebesar 88 juta m3 nan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik berkapasitas 1,3 MW.

Di samping itu, Bendungan Ameroro mempunyai faedah untuk meningkatkan jasa irigasi seluas 3.363 ha, meningkatkan intensitas pertanaman 300 persen, melayani kebutuhan air baku di Kabupaten Konawe sebesar 511 liter per detik, dan mereduksi banjir hingga 443 m3 per detik.

"Saat ini proses impounding Bendungan Ameroro telah mencapai 99 persen alias sebesar 87 juta m3. Di samping pertanian, air baku dan mereduksi banjir, Bendungan Ameroro mempunyai potensi wisata untuk Kabupaten Konawe," terang Kepala Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi, A Adi Umar Dani. 

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pakai Biaya APBN

Adapun Bendungan Ameroro dibangun pada Desember 2020-Desember 2023 dengan biaya APBN sebesar Rp 1,57 triliun. Pembangunannya dilaksanakan dalam 2 paket pekerjaan, ialah Paket I oleh kontraktor PT Wijaya Karya-PT Sumber Cahaya Agung-PT Basuki Rahmanta Putra (KSO), dan Paket II PT Hutama Karya-PT Adhi Karya (KSO).

Sementara di KSPN Wakatobi penataan tahap I nan dilakukan meliputi Alun-alun Merdeka, Sombu Dive, Puncak Toliamba dan Danau Kapota. Di samping penataan area wisata juga dibangun sistem penyediaan air minum (SPAM) Keraton Liya dan optimasi SPAM IKK Toma Timur, Pulau Toma. 

Penataan KSPN Wakatobi dimulai pada Oktober 2022 - November 2023 dengan anggaran Rp 96,5 miliar. Pembangunan SPAM Keraton Liya dilakukan pada Februari-Desember 2023 dengan anggaran Rp 23,5 miliar di mana mempunyai kapabilitas 15 liter per detik. Optimalisasi SPAM IKK Toma Timur dilakukan sejak April - Desember 2023 dengan anggaran Rp 12,5 miliar nan mempunyai kapabilitas 5 liter per detik.

Bendungan Meninting di NTB Bakal Rampung Agustus 2024, Ini Manfaat bagi Warga Lombok

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Bendungan Meninting nan berada di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bendungan nan mempunyai kapabilitas 12,2 juta m3 dan luas genangan 53,6 hektare ini sekarang dalam proses konstruksi. 

"Progres fisiknya bagus, sudah 81 persen. Rip rap juga rapi, baik di bagian depan maupun belakang. Mudah-mudahan Agustus 2024 bisa selesai," kata Menteri Basuki Hadimuljono, Kamis (2/5/2024).

Basuki kemudian berpesan untuk memperbanyak vegetasi di area green belt supaya lebih hijau dan rindang. Hal ini sekaligus sebagai tanggung jawab dalam menjaga kualitas lingkungan.

"Mohon ditambah tanaman di area green belt, misalnya pohon aren. Jangan lupa, arennya dipelihara dan dibersihkan dari tanaman-tanaman liar nan mengganggu," pintanya.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Tampang menerangkan, Bendungan Meninting mulai dibangun pada 2020 dengan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun. Targetnya, Bendungan Meninting dapat selesai pada Agustus 2024 dan segera beroperasi. 

"Bendungan Meninting ini mempunyai daya tampung maksimal hingga 12,2 juta M3. Saat ini sedang kami upayakan untuk impounding pada Juli 2024. Sehingga, dapat segera berfaedah bagi masyarakat," ujar Tampang.

Ia menuturkan, Bendungan Meninting berfaedah sebagai suplai air irigasi pertanian seluas 1.559 hektare (ha). Lalu, memberikan faedah air baku dengan kapabilitas 150 liter per detik, dan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro sebesar 0,8 MW. 

Reduksi Banjir

"Di samping itu, Bendungan Meninting juga dapat mereduksi banjir di wilayah Lombok Barat sebesar 28 persen alias dengan kapabilitas 80 m3 per detik. Bendungan ini juga mempunyai potensi pariwisata dan perikanan tangkap," kata Tampang.

PPK Bendungan Meninting BWS NT 1 Lalu M Asgar menambahkan, kesiapan air di wilayah Bendungan Meninting nan cukup bakal mendukung suplesi air ke wilayah lain. Utamanya ke bagian Lombok Tengah dan Selatan nan mempunyai potensi lahan untuk areal pertanian lebih besar, namun kesiapan airnya sangat kurang. 

"Sehingga, kelak setelah sistem Bendungan Meninting selesai bakal terkoneksi dengan sistem HLD dan saluran suplesi nan bakal menghubungkan 12 DAS dan mengairi sekitar 70.000 hektare lahan di Lombok Tengah dan Selatan. Mudah-mudahan dengan kondisi cuaca nan cerah saat ini, kami bakal memaksimalkan pekerjaan timbunan pada tubuh waduk sehingga dapat selesai sesuai target," tuturnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6