Rekomendasi Laptop untuk Editing Video: Acer Swift X 14 Review

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
Acer Swift X 14 Review Indonesia

Akhir-akhir ini cukup banyak nan request rekomendasi laptop untuk editing video. Nggak heran sih, memang sekarang ini sudah jadi era-nya konsumsi video. Dibanding 5 alias 10 tahun lalu, ketenaran video sekarang sudah sangat meroket — nan membikin beragam pekerjaan juga semakin banyak nan melibatkan editing video. Tidak hanya konten pembuat seperti YouTuber saja — beragam pekerjaan ahli di bagian media, hiburan, alias pekerja imajinatif lainnya pun sekarang jadi butuh laptop untuk video editing ini.

Nah hari ini saya bakal memberikan satu rekomendasi laptop nan sangat powerful untuk aktivitas berat kayak editing video, animasi 3D, kreasi grafis, termasuk live streaming alias hal-hal lain nan biasa dilakukan oleh content creator — dan ini adalah Acer Swift X 14 (SFX14-71G).

Spesifikasi dan Performa

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Pada dasarnya editing video memang memerlukan performa nan kencang, terlebih kalo kita pake aplikasi editing video ahli seperti Adobe Premiere Pro, DaVinci Resolve dan semacamnya. Performa kencang inilah nan bisa dihadirkan oleh Acer Swift X 14 (SFX14-71G) ini.

Kuatnya laptop ini dalam menghandle beragam tugas berat memang nggak bisa lepas dari racikan spesifikasinya nan tinggi. Dia menggunakan prosesor Intel Core i7-13700H, ini prosesor high-end Intel generasi 13 nan memang didesain buat laptop, dengan litografi Intel 7 dan punya 14 core — jadi ada 6 performance core 5GHz dan 8 efficient core 3.7GHz. Dan ini dikombinasikan dengan discrete GPU NVIDIA GeForce RTX 4050 6GB, opsi memory 16GB sampai 32GB RAM, dan opsi NVMe SSD Gen4 512GB sampai 1TB.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Dari hasil benchmark PCMark10 terlihat kalo laptop ini gak cuman punya score tinggi untuk hal-hal nan sifatnya esensial dan produktivitas, tetapi dapet score tinggi juga untuk Digital Content Creation dan juga gaming. Disini jelas terlihat score performa untuk foto editing, rendering, video editing sangat tinggi, begitu juga dengan score grafisnya.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Untuk real performanya memang terasa kencang untuk aktivitas-aktivitas berat. Sepanjang saya gunakan untuk edit video dengan Davinci Resolve ini terasa lancar. Preview playback di Quarter Resolution melangkah cukup mulus. Untuk edit multi-layer bisa mumpuni — meskipun terkadang muncul sedikit lag saat playback jika layer terlalu banyak, tapi tidak sampai dalam pemisah nan terlalu mengganggu, dan proses rendering juga terasa cepat.

Apalagi jika kita menggunakan software editing video nan lebih ringan seperti Wondershare Filmora misalnya, proses editing video bisa melangkah dengan sangat mulus meskipun dipakai untuk edit video kompleks.

Untuk 3D production, waktu saya test menggunakan Blender juga melangkah sangat lancar. Begitu juga untuk kreasi grafis. Banyak pekerjaan imajinatif nan secara load sebenarnya cukup berat, bisa dihandle dengan baik oleh laptop ini.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Performa Gaming

Meskipun tidak didesain sebagai laptop gaming, tapi spesifikasinya nan kencang membikin performa laptop ini cukup memuaskan saat dipake nge-game.

Waktu kita test buat main Counter Strike 2, kita push di setting skematis tertinggi — very high, gameplay memang bisa melangkah dengan mulus di 40fps lebih — meskipun memang cukup panas main di setting rata kanan ini nan bikin kita nggak bisa main terlalu lama. Jadi kalo pengen main dalam waktu nan lebih lama, bisa diakali dengan main di setting nan lebih ringan kayak di setting skematis medium misalnya.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Lalu waktu kita test buat main Dota 2, kita push juga main di setting skematis rata kanan dengan opsi best looking, disini kita dapet tampilan skematis terbaik dengan gameplay nan sangat mulus sampai 50 fps lebih. Gak ada panas berlebih untuk di Dota 2 di setting rata kanan ini.

Sedangkan buat main game open world kayak Euro Truck Simulator alias American Truck Simulator, waktu kita test di setting ultra dengan resolusi full 2.8k, sesekali tetap terjadi frame drop — tapi di skematis High itu bisa lancar di sekitar 45 fps, tampilan grafisnya udah sangat bagus di setting ini.

Meskipun performa gamingnya kencang, tapi Acer Swift X 14 (SFX14-71G) ini sejatinya lebih pas digunakan untuk aktivitas produktif berat kayak content creation dan nan lainnya. Ini lantaran secara desain, Acer Swift X 14 (SFX14-71G) dibuat tipis, compact, dan portabel — berbeda dengan laptop gaming nan memang dibuat lebih tebal untuk extra fan dan sistem cooling nan lebih proper untuk menghandle panas saat dipake main game dalam waktu lama.

Selain itu secara fitur Acer Swift X 14 (SFX14-71G) juga memang lebih dioptimasi untuk beragam pekerjaan kreatif.

Layar

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Misalnya untuk layar, laptop ini menggunakan layar OLED 14.5 inch dengan resolusi 2.8K. Layar ini sudah 100% DCI P3, punya 120Hz refresh rate, sudah VESA certified dan eyesafe certified — nan dari sisi tampilan sangat mendukung buat aktivitas nan butuh perincian warna kayak edit foto, edit video, digital production dan lain-lain. Buat scroll terasa mulus, transisinya halus, dipake dalam waktu lama juga tetep nyaman di mata, dengan brightness sampai 500 nits. Secara look juga terlihat modern dengan bezel nan cukup tipis. Jadi ya ..enak memang buat konten creation nan sering kudu lama di depan layar.

Studio Driver & Webcam

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Untuk GPU Driver, laptop ini menggunakan NVIDIA Studio Driver nan mengoptimalkan banyak software untuk creator seperti Adobe Creative Cloud dan software creation lain dengan GPU Acceleration dsb. Terus ada beberapa software exclusive studio juga kayak NVIDIA Canvas dan NVIDIA Broadcast.

Nah NVIDIA Broadcast ini menarik, lantaran memberi banyak pilihan pengaruh AI ke tampilan webcam. Jadi webcam FHD di laptop ini bisa kita tambahkan background blur sampai replace background. Bisa ngasih auto-framing, bisa nambah pengaruh eye contact juga biar kita seolah terus memandang ke arah kamera, sampe ngilangin noise video juga.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Webcam ini dikombinasikan dengan dua mic nan juga bisa kita kasih noise removal sampai room echo removal — dia juga udah built-in dengan AI noise reduction — nan bisa kita manfaatkan untuk live streaming, conference call, alias meeting online dengan kualitas nan lebih baik.

Desain Premium & Ringkas

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Nah nan menarik performa kencang ini dipacking kedalam sebuah laptop nan desainnya ringkas dan premium temen2. Jadi berbeda dengan laptop gaming nan biasanya lebih tebal dan lebih berat untuk ngasih extra cooling waktu dipake nge-game, Acer Swift X 14 nan memang didesain untuk content creation ini punya kreasi nan lebih portabel. Sasisnya menggunakan aluminium nan secara karakter memang lebih ringan, beratnya cuman 1,55 kg dengan tebal 17,99mm. Secara look memang tampan banget, lantaran full metal body dengan sudut-sudut nan tegas, dan laptop seukuran ini dibawa kemana-mana tetap enak, cukup ringkas buat kita nan kerjanya sering mobile.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Keyboard & Trackpad

Untuk keyboard, Acer memberikan keyboard nan luas di laptop ini. Tombol nya besar-besar, buat ngetiknya terasa enak. Dan keyboard ini diletakkan di posisi sedikit naik ke atas, membikin ruang untuk palm rest waktu ngetik ini berasa sangat luas. Untuk ukuran laptop, key travelnya cukup dalam dengan feedback nan tactile. Di keyboard ini udah ada fingerprint sensor nan menyatu dengan tombol power, dan dia bisa langsung login sekali tombol power ditekan waktu kita nyalain laptop.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Senada dengan luasnya palm rest, trackpad dari laptop ini juga luas banget. Meskipun sekilas kalo diliat seperti punya finishing matte senada body, tapi di jari trackpad ini terasa mulus mirip seperti permukaan glass.

Konektivitas

Satu perihal nan juga mendukung aktivitas content creation, adalah port dan konektivitas nan sangat lengkap. Di kanan ini ada 1x microSD slot dan 1x USB Type-A Gen 3.0. Di kiri tetap ada 1x lagi USB Type-A gen 3.0, 2x USB Type-C nan merupakan port Thunderbolt 4, 1x HDMI 2.1, dan 1x combo audio jack 3.5mm

Acer Swift X 14 Review Indonesia
Acer Swift X 14 Review Indonesia

Untuk konektivitas wireless, laptop ini sudah support Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.1 juga.

Audio Speaker

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Laptop ini dilengkapi dengan stereo speaker nan lubang speakernya ada dibawah kiri dan kanan laptop. Untuk diatas memang ada lubang grill nan sekilas terlihat seperti lubang speaker dengan logo DTS, tapi ini lebih ke grill untuk membantu airflow cooling.

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Speaker nya sendiri ada di bawah dan memang udah DTS Audio, nan secara kualitas bunyi ini terdengar surround, dia terkesan renyah dengan treble nan lebih dominan dibanding bass nya, dan untuk volume bisa dibilang sekedar cukup.

Baterai

Acer Swift X 14 Review Indonesia

Untuk baterai, Acer Swift X 14 dilengkapi dengan Li-ion baterai 76Wh. Seberapa awet tentu tergantung dari seberapa berat load aktivitas nan kita lakukan di laptop ini. Tapi untuk aktivitas harian saya dengan load nan bervariasi mulai dari nan menengah kayak browsing banyak tab dan multitasking, sampai nan berat seperti edit dan render video — baterai ini bisa memperkuat dalam waktu sekitar 5 jam penggunaan. Dan tentu bisa lebih lama saat digunakan untuk aktivitas lain nan lebih ringan. Proses chargingnya sendiri cukup cepat, kita dibekali dengan adapter dengan power input sampai 100W melalui port USB Type-C.

Harga

Untuk harga, Acer Swift X 14 ini tersedia dalam dua varian. Untuk jenis 16GB RAM / 512GB SSD, dijual di nilai Rp. 22.999.000 — dan untuk jenis 32GB RAM / 1TB SSD, dijual di nilai Rp. 24.999.000. Dan ini kita udah dapet Windows 11 Home, Microsoft Office Home & Student 2021 — serta agunan jaminan service 3 tahun, agunan parts 2 tahun, dan Accidental Damage Protection selama 1 tahun. Acer Swift X 14 ini bisa dibeli secara resmi disini maupun disini.

Kesimpulan

Dan kalo bisa saya simpulkan setelah seminggu penih menggunakan laptop ini, Acer Swift X 14 ini memang menjadi laptop nan secara spesifikasi, fitur, dan performa cocok banget dipake untuk content creation. Jadi kalo temen2 memang sedang mencari rekomendasi laptop untuk editing video, 3d production, kreasi grafis, dan pekerjaan imajinatif dengan load menengah sampai nan berat — Acer Swift X 14 ini adalah salah satu laptop nan sangat recommended.

Kalo punya pertanyaan tentang laptop ini silakan langsung saja tulis di kolom komentar, kalo punya rekomendasi lainnya juga boleh banget di share di komentar.

Semoga review Acer Swift X 14 ini bermanfaat, khususnya buat temen2 nan sedang mencari laptop editing video nan tepat.

Written by

Febian

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort