Rampung 3 Bulan Lebih Cepat, Jalan Muri-Kwatisore Buka Konektivitas di Papua Barat

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Karya (Persero) menyelesaikan pembangunan bentuk proyek Jalan Muri-Kwatisore Papua Barat Tahap I lebih sigap tiga bulan dari waktu perjanjian nan ditentukan.

Jalan nan menghubungkan Kampung Muri menuju Kampung Kwatisore, Papua Barat sepanjang 16 km ini telah dilakukan tahap pengambilan sampel untuk uji lab kepantasan standar jalan nasional. Sehingga bakal diserahterimakan pada akhir November 2023, dan dapat segera dilalui oleh masyarakat setempat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, jalan nan menjadi bagian dari Jalan Trans Papua ini diharapkan dapat membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan konektivitas antar daerah.

"Konektivitas antar wilayah menjadi krusial untuk ditingkatkan dan disegerakan, terutama agar pendidikan, info hingga aliran barang, jasa dan manusia melangkah lancar, efektif dan efisien. Jalan ini rampung lebih sigap dari sasaran semula selesai di bulan Februari 2024, namun kualitas jalan, estetika hingga keberlanjutan lingkungan menjadi perihal nan utama selama masa pembangunannya," terangnya, Jumat (17/11/2023).

Ruang Lingkup Pekerjaan

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, dalam pembangunan jalan ini Hutama Karya melaksanakan pekerjaan galian tanah, perkerasan berbutir dan pengaspalan jalan dengan gedung pelintas box culvert dan plat decker.

Selama pembangunan jalan ini, mempunyai banyak tantangan mulai dari kondisi cuaca dan alam nan tetap berupa rimba pelosok dengan kondisi geografik nan cukup berat, hingga sulitnya sinyal untuk berkomunikasi selama di lapangan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6