Ramai Tiket Mudik Gratis Dijual, Kemenhub Pastikan Cek KTP Peserta

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberikan akomodasi mudik gratis kepada masyarakat pada Lebaran 2024. Puluhan ribu tiket disebar dalam program ini. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewanti-wanti masyarakat untuk tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno bercerita, ada informasi tiket mudik cuma-cuma moda bus nan diperjualbelikan secara bebas oleh masyarakat. "Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis," ujar Hendro, Selasa (1/4/2024).

Ia menambahkan bahwa dengan adanya jual-beli tiket mudik ini bisa mengambil kesempatan orang lain nan betul-betul memerlukan untuk pulang ke kampung laman dengan cuma-cuma menggunakan pikulan umum.

Saat ini, kuota mudik cuma-cuma dengan moda bus dapat dicek secara berkala di aplikasi MitraDarat, lantaran andaikan ada nan kandas pengesahan kuota bakal otomatis terbuka.

Adapun, Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan pada prosesnya kelak bakal melakukan pengesahan ulang di Hari H keberangkatan. Sehingga tiket tidak dapat digunakan andaikan terdapat perbedaan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nanti bakal dilakukan pencocokan nama dan NIK nan tertera pada tiket mudik cuma-cuma melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta saat Hari H keberangkatan. nan identitasnya berbeda tidak bakal bisa ikut berangkat mudik gratis," ungkap Dirjen Hendro.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Keselamatan dan Keamanan Bersama

Di sisi lain, Ia mengingatkan masyarakat nan serius mengikuti program Mudik Gratis untuk segera melakukan pengesahan pada posko-posko nan telah disediakan agar mendapatkan tiket bentuk dan diharapkan mengonfirmasi keberangkatannya andaikan terdaftar di 2 alias lebih program Mudik Gratis nan berbeda.

"Kementerian Perhubungan bakal terus mengawal dan mengawasi andaikan terjadi hal-hal nan tidak semestinya pada program Mudik Gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama," ucapnya.

Sebelumnya, Hendro mengatakan bahwa Ditjen Perhubungan Darat telah membuka pendaftaran mudik cuma-cuma Angkutan Lebaran 1445 Hijriah sejak 6 Maret 2024 dengan kuota 30.088 untuk arus mudik dan balik. Kuota tersebut telah terpenuhi pada kota tujuan mudik dan arus balik.

Dia menuturkan dari kuota nan disiapkan sebanyak 30.088 kursi, terdiri atas 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus kembali dengan sarana transportasi bus. Kemenhub juga menyiapkan 722 unit bus untuk mengangkut pemudik secara cuma-cuma nantinya.

“Secara rinci dari kuota 10.000 orang nan dibuka kembali ini jumlah penumpang arus mudik sebanyak 8.680 orang dan arus kembali sebanyak 1.320 orang,” katanya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6