PT SPIL Terus Sukseskan Program SDGs, Apa yang Dilakukan?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia, PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) melakukan tindakan nyata dengan melaksanakan transplantasi 500 bibit karang di Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi.

Upaya ini sebagai bagian untuk mensukseskan tujuan pembangunan berkepanjangan (SDGs).

Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan Indonesian Conservation Institute (ICI) dan Pokmaswas Pesona Bahari, sebagai bentuk komitmen dalam melestarikan ekosistem laut.

Andri Theja, Head of ESG PT SPIL, menyatakan bahwa support perusahaan terhadap aktivitas ini adalah manifestasi nyata dari tanggung jawab perusahaan terhadap pelestarian lingkungan laut.

"Sebagai perusahaan shipping logistik nan sangat berjuntai pada kesehatan laut, kami merasa bertanggung jawab untuk berkontribusi dalam melestarikan terumbu karang. Melalui aktivitas ini, kami berambisi dapat memperbaiki ekosistem nan rusak, mendukung biodiversitas laut, dan memberikan faedah jangka panjang bagi lingkungan dan organisasi sekitar," jelas Andri, ditulis, Minggu (9/6/2024).

Direktur ICI, Ziadatur Rizqiyah, menjelaskan bahwa ICI bertanggung jawab atas pemilihan lokasi, metode transplantasi, dan bibit karang.

"Kami bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan keberhasilan proyek ini. Bibit karang dipilih berasas ukuran dan kondisi kesehatannya untuk memastikan kelangsungan hidup pasca transplantasi," kata Ziadatur.

Monitoring

ICI juga bakal melakukan monitoring untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup karang, serta tindakan tambal sulam jika ada bibit karang nan mati.

Abd. Azis, Ketua Pokmaswas Pesona Bahari, menambahkan bahwa pihaknya berkedudukan mendukung sumber daya manusia nan dibutuhkan dalam aktivitas ini.

"Respon masyarakat sangat positif, terbukti dengan keterlibatan mereka dalam setiap aktivitas konservasi nan kami agendakan," ujarnya.

Selain transplantasi karang, Pokmaswas Pesona Bahari juga rutin mengadakan aktivitas bersih pantai mingguan dan pembersihan bawah laut bulanan, serta program eduwisata untuk mengenalkan ekosistem pesisir dan laut kepada siswa-siswi dari beragam jenjang pendidikan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6