Profil Fuad Bawazier, Mantan Menkeu yang Jadi Komut Baru MIND ID

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Fuad Bawazier menjadi Komisaris Utama PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID. Ini jadi keputusan dalam Rapau Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan.

Fuad Bawazier menggantikan posisi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo nan meninggal bumi tahun lalu. Tercatat, posisi Komisaris Utama MIND ID sempat kosong beberapa waktu.

"RUPS Tahunan juga menyetujui pengangkatan Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama," ujar Direktur Utama MIND ID Hendri Prio Santoso dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024).

Lantas, siapa Fuad Bawazier nan jadi Komut baru Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID? Berikut rangkumannya.

Mengutip laman resmi MIND ID, Fuad merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Akuntansi, Universitas Gajah Mada (1974). Lalu, dia juga ulusan S2 Economic Institute Boulder Colorado USA, dan juga lulusan S3 University of Maryland USA Fakultas Ekonomi.

Dalam karir profesionalnya sebelum berasosiasi dengan PT Mineral Industri Indonesia (Persero), pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di ujung masa orde baru. Yakni, pada Maret-Mei 1998. Dia menjabat Menteri Keuangan di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto-BJ Habibie.

Sementara itu, dari sisi karir politik, Fuad saat ini tercatat sebagai politisi Partai Gerindra, sama dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Fuad Bawazier diketahui merupakan ayah dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Mohamad Hekal.

Dalam perjalanannya, Fuad Bawazier mengawali dengan berasosiasi dengan Golongan Karya (Golkar) hingga 1998. Lalu dilanjutkan dengan berasosiasi ke Partai Amanat Nasional (PAN) hingga 2006. Lalu, ikut terlibat di Hanura hingga 2014, serta berasosiasi ke Gerindra hingga saat ini.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6