Perusahaan Penjaminan Indonesia Komitmen Tingkatkan Peran Genjot Ekonomi

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia alias ASIPPINDO menggelar seminar nasional berjudul ‘Setengah Abad Penjaminan Kredit UMKM Berkontribusi Bagi Negeri’. Acara nan digelar di JW Marriot pada Jumat 17 November 2023 itu menghadirkan beragam praktisi, profesional, regulator, pelaku industri penjaminan hingga akademisi.

Hadir sebagai keynote speaker adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan special remarks Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono.

Ketua ASIPPINDO Ivan Soeparno menjelaskan, seminar tersebut merupakan bagian dari upaya organisasi untuk menjalin komunikasi nan lebih intensif dengan regulator dan beragam lembaga lain dalam ekosistem industri lembaga jasa keuangan, baik bank maupun non bank.

”ASIPPINDO merupakan bagian dari ekosistem industri finansial dan mau bersama-sama ikut berkontribusi membangun ekonomi negeri melalui model upaya penjaminan,” ujar Ivan, Jumat (17/11/2023).

Kontribusi Positif

Sejak didirikan pada 27 Desember 2012, ASIPPINDO terus berkembang dan berkontribusi positif dalam pengembangan industri penjaminan di Tanah Air. Lebih jauh dia mengungkapkan, aksesibilitas finansial merupakan salah satu tantangan utama nan dihadapi oleh pelaku UMKM.

Meskipun UMKM mempunyai peran krusial dalam pertumbuhan ekonomi dan pembuatan lapangan kerja, UMKM sering kali menghadapi kesulitan dalam memperoleh akses ke pembiayaan nan diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan upaya mereka, khususnya lantaran ketiadaan dan kurangnya agunan nan dimiliki.

Akibatnya, UMKM seringkali tersendat dalam mengembangkan upaya mereka alias terpaksa mencari sumber pembiayaan pengganti dengan suku kembang nan tinggi nan pada akhirnya menggerus potensi mereka untuk bertumbuh.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6