Perusahaan Mobil Listrik Vietnam Janjikan Produksi 50.000 Unit Kendaraan di Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Produsen Mobil Listrik Vietnam, VinFast menjanjikan investasi sebesar USD 1,2 miliar alias setara dengan Rp18 miliar di Indonesia. Perusahaan mobil listrik ini digadang-gadang bakal menjadi salah satu pemain besar di ASEAN.

Dikutip dari keterangan resmi VinFast, Senin (12/2/2024), selain Indonesia, VinFast dalam kurun waktu empat tahun ini telah mengekspansi bisnisnya ke Amerika Serikat dan Eropa dengan rencana ekspansi upaya ke 50 pasar lainnya. 

Dengan investasi awal Rp 18 miliar VinFast bakal membangun pabrik manufaktur baru dengan proyeksi kapabilitas tahunan sebesar 30.000 hingga 50.000 kendaraan.  

Pada 13 Januari lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi kompleks manufaktur produsen mobil Vietnam di Haiphong dan menyatakan VinFast sebagai perusahaan otomotif berbasis listrik nan berkembang pesat.

Saat menyaksikan proses produksi, Presiden Joko Widodo menunjukkan kepuasan dan kesukaan terhadap akomodasi dan kualitas serta kreasi produk-produk VinFast.

Dapat Dukungan Jokowi 

Sejalan dengan sasaran pemerintah untuk mengakselerasi industri kendaraan listrik dalam negeri dan meningkatkan kebutuhan pasar, support Presiden Joko Widodo terhadap VinFast menambah kepercayaan kami bahwa akomodasi serupa di Indonesia adalah langkah krusial dalam mencapai ambisi kendaraan listrik dalam negeri.

Sebagai bukti pencapaian aspirasi dunia VinFast, kompleks manufaktur Haiphong Vietnam menawarkan tingkat otomatisasi nan tak tertandingi di Asia Tenggara, ialah mencapai 98%.

Pabrik ini menjadi tolak ukur bagi masa depan upaya VinFast untuk menunjukkan komitmennya terhadap teknologi mutakhir dan efisiensi operasional.  

Kompleks manufaktur Haiphong lebih dari sekadar pusat produksi nan mewujudkan visi VinFast sebagai masa depan manufaktur kendaraan listrik. Dengan memanfaatkan teknologi Industri 4.0, VinFast mau beralih bentuk menuju ekosistem mesin pandai nan saling terhubung, memberikan hasil kajian manufaktur nan berbasis info secara real-time.  

Produksi VinFast nan sangat terotomatisasi di kompleks Haiphong didorong oleh konsentrasi strategis pada kolaborasi real-time serta penelitian dan pengembangan teknologi kendaraan listrik nan mutakhir.

Pendekatan unik ini menempatkan kompleks ini sebagai batu loncatan bagi kelanjutan ekspansi dunia dan semangat inovatif perusahaan, sehingga membuka babak berikutnya dalam revolusi kendaraan listrik. 

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6