Pertamina Wujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional Berbasis Energi Terbarukan

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Cirebon Kepala SMPN 7 Cirebon, Euis Sulastri mengatakan bahwa sekolah nan dimpiminnya meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional. SMPN & Cirebon juga merupakan bimbingan Pertamina Hulu Energi ONWJ nan mendapatkan penerapan daya bersih panel surya pada program Sekolah Energi Berdikari.

SMPN 7 Kota Cirebon secara simbolis juga menerima support panel surya berkapasitas 3,3 Kwt (kilowatt) sekaligus support bibit pohon alpukat, durian, jambu, dan jeruk lemon di taman sekolah.

"Terima kasih kepada Pertamina. Adanya support dan support dari Pertamina merupakan mimpi besar kami nan terwujud tiba-tiba, sehingga kami merasa mendapatkan berkah nan tidak terduga," kata Euis saat memberikan sambutan dalam aktivitas Energizing Sustainable Community, di SMPN 7 Kota Cirebon, Kamis (16/10).

Hal senada juga diungkapkan Plt. Wali Kota Cirebon Eti Herawati, saat memberikan sambutan. Atas nama Pemerintah Kota Cirebon, pihaknya menyambut baik kontribusi Pertamina di wilayahnya.

"Ini sebuah kebangaan buat kami. Dari 10 titik di Indonesia, salah satunya SMPN 7 Kota Cirebon nan jadi letak program sekolah daya berdikari Pertamina. Hal ini merupakan kerja keras dari seluruh pihak di sekolah, perjuangan nan dilakukan ibu-ibu membuahkan hasil," katanya.

Eti juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi Pertamina dalam mengembangkan Proklim di Kampung Keberagaman, RW 08, Merbabu Asih, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Sementara itu di tempat nan sama, Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari Firasati dalam sambutannya mengatakan support panel surya merupakan bagian dari program Sekolah Energi Berdikari (SEB).

Program SEB, kata Dian, merupakan pengembangan dari program Desa Energi Berdikari (DEB) nan selama ini telah dijalankan Pertamina. Seperti diketahui, sebelumnya Pertamina telah memasang solar panel di Kampung Keberagaman nan memberikan tenaga listrik di empat program di sana, ialah gerai UMKM, kebun hidroponik, pembuatan batik ramah lingkungan, dan bank sampah.

"Program DEB nan sudah dijalankan selama ini di wilayah ring 1 Pertamina dalam rangka mendukung sasaran net zero emission nan digagas pemerintah," katanya dihadapan 300 perwakilan pelajar SMPN 7 Kota Cirebon.

Program SEB nan dilakukan Pertamina di SMPN 7 Kota Cirebon adalah upaya membantu sekolah meraih level berdikari dalam sekolah adiwiyata. Ia berharap, ketika sudah sampai level mandiri, SMPN 7 Kota Cirebon bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain.

"Dalam rangka proses transisi daya Pertamina menuju net zero emission, kami berambisi melalui program ini anak-anak memahami mengenai pentingnya pemanfaatan daya bersih nan ramah lingkungan," ujarnya. 

Dalam aktivitas tersebut turut datang Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, Manager CSR PT Pertamina Hulu Energi Elvina Winda Sagala; Manager Corporate Communication & Stakeholder Management Pertamina New and Renewable Energy Rika Gresia; Pertamedika IHC dr. Defi Mauliyah; dan Pjs. Manager Communication, Relations, CID Regional Jawa Pertamina Ery Ridwan. Mendampingi Plt Walikota, turut datang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Yuni Darti, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Kadini.

(*)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6