Pertama di Sumsel, Bendungan Tiga Dihaji Rampung Akhir 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air tengah melaksanakan pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengatakan waduk pertama di Sumatera Selatan tersebut nantinya bakal menambah pasokan air pada Daerah Irigasi (DI) Komering untuk lahan pertanian seluas 34.824 hektare (ha).

"Dengan begitu, hasil pertanian dari Provinsi Sumsel bakal terus terjaga sepanjang tahun, lantaran mendapat aliran air nan cukup dan stabil dari waduk ini," kata Endra, Kamis (4/4/2024).

Endra menyatakan, tujuan utama pembangunan Bendungan Tiga Dihaji untuk menjaga kestabilan pasokan air pada Daerah Irigasi Komering di musim tandus nan selama ini hanya mengandalkan Sungai Komering.

"Tantangan dalam pengaturan air ke wilayah irigasi adalah pada musim kemarau, dimana debit air Sungai Komering nan masuk ke saluran irigasi sangat terbatas. Sementara pada musim hujan, elevasi Sungai Komering naik sehingga debit nan masuk ke saluran irigasi cukup besar. Tetapi air tersebut juga membawa sedimen nan mengendap di dasar saluran," paparnya.

Progres Konstruksi

Saat ini progres bangunan Bendungan Tiga Dihaji sebesar 50,13 persen dan ditargetkan bakal rampung pada akhir 2024. Setelahnya bakal segera dilakukan pengisian waduk (impounding).

DI Komering mempunyai potensi untuk mengairi lahan pertanian seluas 124.000 ha. Sementara saat ini jasa air untuk wilayah irigasi baru mencakup 70 ribu ha, dan sisanya sekitar 54 ribu Ha tetap berkarakter tadah hujan.

"Kita harapkan nantinya bakal bertambah pasokan air untuk melayani sekitar 34.824 Ha dari Bendungan Tiga Dihaji ini," imbuh Endra.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6