Perintah Sudo Tidak Akan Hadir di Windows Server!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Untuk saat ini para pengguna Windows 11 Insider Build 26052 sudah bisa mencoba dan menggunakan perintah sudo pada Windows Terminal, dimana dengan perintah tersebut kita bisa mendapatkan kewenangan akses super user mirip seperti nan ada di Linux.

Nah mengenai sudo, beberapa waktu lampau juga dilaporkan bahwa sudo bisa melangkah di Windows 7, 8 dan 10, cukup dengan menggunakan trik seperti nan telah ditulis dalam tulisan berikut.

Sementara itu, setelah kehadirannya di Windows Insider Dev dan Canary, ada cukup banyak pengguna nan mempertanyakan kehadiran Sudo di Windows Server, namun sayangnya sudo tidak bakal datang disana.

Hal ini secara resmi diumumkan oleh Microsoft dalam release note Windows 11 Build 26052, dengan pernyataan sebagai berikut :

The setting for enabling Sudo may incorrectly be showing on Windows Server Insider Preview builds – this feature will not be available on Windows Server and the setting will be disabled in a future Server Insider Preview build.

Kenapa Sudo tidak datang di Windows Server? padahal mungkin perintah tersebut bakal sangat dibutuhkan para IT admin untuk mengatur dan mendapatkan perihal akses administratif sistem dengan lebih mudah?

Sayangnya, jawaban dari perihal tersebut belum jelas mengingat Microsoft sendiri tidak memberikan info dengan lebih detail. Namun gimana menurutmu? jika Anda mempunyai opini, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah.

Via : Neowin

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort