Penyelesaian Gugatan, Google Akan Hapus Miliaran Data Penelusuran Mode Icognito

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Seperti nan telah dikabarkan sebelumnya, Google sempat digugat lantaran adanya dugaan pengumpulan info pengguna Google saat sedang menjelajah dalam mode private.

Pada awal tahun ini, Google akhirnya telah melakukan perubahan pada mode incognito termasuk perubahan pada pesan pemberitahuan mode tersebut di Google Chrome nan sekarang bersuara :

Meskipun begitu, masalah nan sesungguhnya sebenarnya tetap belum selesai lantaran tetap ada banyak sekali info nan telah dikoleksi Google dari para pengguna mode incognito tersebut.

Nah mengenai perihal tersebut ada berita baik nih lantaran kabarnya Google telah setuju untuk menghapus miliaran info penjelajahan nan dikumpulkan saat pengguna menggunakan mode private / incognito. Kesepakatan ini terjadi sebagai hasil dari penyelesaian tuntutan norma nan diajukan di pengadilan federal California sebelumnya.

Menurut info dari The Verge, dalam penyelesaian untuk kasus Brown v. Google diwajibkan untuk melakukan pengungkapan nan lebih besar tentang gimana langkah mereka melakukan pengumpulan info dalam mode Incognito serta kudu menetapkan batas pada pengumpulan info di masa depan. Penyelesaian ini bakal berpotensi bertindak untuk 136 juta pengguna Google jika disetujui oleh hakim.

Sementara itu para penggugat menyatakan bahwa penyelesaian ini bakal meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dari pengumpul info terbesar di bumi dan bakal menjadi langkah nan sangat krusial menuju pemeliharaan kewenangan privasi pengguna di Internet.

Nah perlu diingat kembali, meskipun penyelesaian ini dianggap berbobot $5 miliar USD, Google menyatakan bahwa para penggugat tidak bakal menerima tukar rugi, yap Anda tidak salah dengar guys, dimana penggugat tidak bakal mendapatkan apapun, namun setiap perseorangan tetap dapat mengusulkan klaim untuk tukar rugi di pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat.

Selain menghapus alias mengidentifikasi ulang info penjelajahan, Google juga setuju untuk memperbarui langkah pengungkapan batas jasa penjelajahan pribadi mereka. Dimana selama lima tahun ke depan, Google bakal membiarkan pengguna memblokir cookie pihak ketiga secara default dalam mode Incognito.

Tentunya kesepakatan ini menandai langkah krusial dalam perihal menjaga privacy pengguna dan meningkatkan transparansi mengenai pengumpulan info oleh Google.

Via : The Verge

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort