Pengusaha Cemas Investasi Kabur Jika Waktu Kerja Jadi 4 Hari Seminggu

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha cemas ada akibat jelek terhadap investasi dan keahlian bumi upaya jika kudu memangkas waktu kerja. Hal ini merespons adanya buahpikiran penerapan waktu kerja selama 4 hari kerja dalam seminggu.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang mengatakan perlu adanya kajian mendalam dan komprehensif soal buahpikiran tersebut. Utamanya, jika ada rencana 4 hari kerja dalam seminggu diterapkan di Indonesia.

"Sehingga memang wacana ini sangat memerlukan suatu pertimbangan dan kajian serta pendapat dari beragam stakeholder mengenai terutama bumi upaya dalam beragam aspek," kata Sarman kepada Liputan6.com, Selasa (13/2/2024).

Beberapa sektor nan disinggungnya antara lain sektor jasa, transportasi, perdagangan, ritel, pertambangan, hingga industri. Menurutnya seluruhnya bakal berangkaian dengan produktivitas kerja dari pegawai, di mana bertumpu pada waktu kerja dalam satu minggu.

"Sehingga memang ini bukan suatu perihal nan mudah untuk menetapkan ini. Karena ini bakal mempengaruhi terhadap minat investor, bakal mempengaruhi terhadap tingkat pencapaian kinerja, bakal mempengaruhi terhadap profuktivitas tenaga kerja kita," jelasnya.

Kajian Menyeluruh

Menanggapi buahpikiran tersebut, Sarman meminta adanya kajian menyeluruh sebelumnya. Serta memperhatikan pada dampak-dampak kepada pengusaha di Indonesia.

"Sehingga memang buahpikiran ini sesuatu nan kudu betul-betul dikaji dan diperhitungkan secara jeli dan matang sehingga juga tidak mempunyai akibat negatif terhadap suasana investasi dan upaya kita," kata dia.

"Tentu saya gak berani menjawab apakah bisa efektif jika usulan ini diterapkan, nan jelas memang ini perlu kajian nan panjang, dan meminta pendapat dan masukan dari beragam pelaku pelaku usaha di beragam sektor," sambung Sarman.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6