Pemilu Satu Putaran, Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Sekitar 5%

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Chief Economist Citi Indonesia, Helmi Arman memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal mencapai kisaran 5% di tahun ini.

Perkiraan tersebut didorong oleh penyelesaian Pemilihan Umum (Pemilu) dalam satu putaran.

"Terlebih jika kita lihat manifesto Presiden terpilih mengedepankan keberlanjutan beragam kebijakan pemerintahan pak Jokowi. Ini membuka jalan untuk percepatan pemulihan stimulus investasi sektor swasta," kata Helmi dalam konvensi pers di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

"Dengan penyelesaian pemilu satu putaran, di satu sisi stimulus berupa shopping kampanye berhujung lebih sigap dibandingkan dengan andaikan pemilu dijalankan dalam dua putaran. Ketidakpastian politik juga berhujung dengan lebih sigap lantaran satu putaran," paparnya.

Industri Manufaktur

Dia menilai, industri manufaktur, terutama logam dasar menjadi sektor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini, lantaran nilai tambah dari sektor tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

"Selama 1-2 tahun terakhir value added sudah mulai meningkat ke logam nan kandungan nikelnya lebih tinggi seperti produk nikel sulfat dan nikel matte," jelas Helmi.

Selain manufaktur, sektor daya intensif seperti pulp and paper juga diperkirakan bakal menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6