Pemerintah Akselerasi Pengembangan Proyek Strategis Nasional

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas Tahun 2045, pengembangan prasarana nan merata di beragam wilayah melalui pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi salah satu backbone agenda-agenda reformasi nan telah dicanangkan Pemerintah.

Guna memastikan perkembangan penyelesaian PSN tersebut, Pemerintah juga terus melakukan monitoring dan pertimbangan beragam capaian keahlian PSN secara berkala.

Mengawali pertimbangan capaian keahlian PSN tahun 2024 nan bakal dilangsung pada bulan Juni – Juli 2024 mendatang, Kemenko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan tema Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN, pada Selasa (14/5/2024).

Dalam sesi diskusi, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Susiwijono Moegiarso menyampaikan bahwa tujuan bakal diadakannya aktivitas pertimbangan tersebut untuk menginformasikan kepada para penanggung jawab proyek dan program PSN mengenai capaian dari masing masing proyek, serta mengupayakan keberlanjutan proyek dan program PSN nan tetap dalam proses pengerjaan agar dapat terus dirampungkan usai tahun 2024.

“KPPIP bakal mengevaluasi proyek-proyek nan sekiranya belum dapat diselesaikan pada semester I – 2024. Proyek-proyek ini diharapkan paling tidak telah mencapai critical milestone ialah mengenai pemenuhan perizinan dari Kementerian alias Lembaga teknis, penguasaan atas lahan untuk proyek dalam tahap penyiapan, dapat mencapai financial close untuk proyek dalam tahap transaksi, dan telah dapat melakukan groundbreaking untuk proyek dalam tahap konstruksi,” ungkap Plt. Deputi Susiwijono, Kamis (16/5/2024).

198 PSN Selesai

Lebih lanjut, Plt. Deputi Susiwijono juga menyampaikan bahwa hingga tahun 2024 sendiri secara kumulatif telah diselesaikan 198 proyek dengan realisasi investasi sebesar Rp1.614 triliun.

Sejak Januari hingga April 2024, sebanyak 8 proyek telah selesai, dan diperkirakan sebanyak 33 proyek bakal diselesaikan dalam kurun waktu hingga akhir tahun 2024 mendatang.

Selanjutnya, dalam penyelenggaraan pembangunan beragam PSN tersebut terdapat sejumlah isu-isu strategis nan perlu untuk dibahas penyelesaiannya, mulai dari rumor pengadaan lahan dan tata ruang, rumor perizinan dan penyiapan, rumor kehutanan dan lingkungan, rumor pembiayaan, dan rumor bangunan nan memerlukan support percepatan dan koordinasi antar stakeholders.

“Hal-hal nan perlu menjadi perhatian antara lain adalah mengenai tahapan proyek di masing- masing sektor, kemajuan dan progress proyek, komitmen dan realisasi pendanaan proyek, serta proses perizinan,” imbuh Plt. Deputi Susiwijono.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6