OpenAI Prioritaskan MacOS Untuk Aplikasi ChatGPT, Kenapa Bukan Windows?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Selain mengumumkan ChatGPT-4o nan bakal tersedia cuma-cuma untuk semua pengguna, OpenAI dalam keynote updatenya mengumumkan bahwa ChatGPT bakal mulai tersedia sebagai aplikasi Desktop baru di Mac.

Sedikit informasi, Apple dan OpenAI baru-baru ini dikabarkan tengah menjalin kemitraan menjelang WWDC, dimana kemitraan ini bakal menghadirkan ChatGPT ke iOS 18 sebagai opsi chatbot bawaan nan terintegrasi dengan sistem.

Dan menjelang kemitraan tersebut, OpenAI telah mengumumkan aplikasi ChatGPT nan bakal datang di Mac, dimana aplikasi ini dirancang untuk membikin ChatGPT lebih mudah diakses dan selalu tersedia bagi pengguna Mac. Preview aplikasi ini sangat singkat ditampilkan selama presentasi, namun perincian tambahannya bisa Anda cek sendiri pada laman resmi OpenAI berikut.

Selain itu, OpenAI juga mengatakan aplikasi ChatGPT untuk Windows 10 dan Windows 11 juga tengah dalam pengerjaan nan tentunya ini cukup mengejutkan lantaran alih alih membikin jenis Windows lebih dulu – lantaran Microsoft telah mendukung OpenAI dengan investasi biaya nan lebih dari $10 miliar dollar – OpenAI justru memilih MacOS sebagai prioritasnya.

Mengenai perihal tersebut, dalam sebuah pernyataan kepada wartawan Axios Ina Fried (via Windows Latest), OpenAI menjelaskan bahwa mereka memprioritaskan jenis macOS lantaran di sanalah pengguna berada. Dan dari pertanyaan ada satu perihal nan menarik lantaran seperti nan telah kita tahu Windows tetap menguasai 70% pangsa pasar desktop dibandingkan Mac nan hanya kurang dari 15%.

Kemungkinan argumen lainnya kenapa Mac menjadi prioritas adalah mungkin lantaran OpenAI percaya bahwa pengguna Apple lebih memilih aplikasi native daripada aplikasi web dibandingkan dengan pengguna Windows, dan keputusan tersebut juga dipengaruhi oleh kebenaran bahwa lebih banyak orang di OpenAI menggunakan MacOS daripada Windows.

Alasan Paling Masuk Akal

Namun ada satu argumen paling masuk logika nan menurut saya ini masuk nih, ialah Microsoft mungkin tidak mau OpenAI meluncurkan aplikasi ChatGPT mereka untuk Windows (dalam waktu nan cepat) lantaran itu berpotensi membikin pembaruan Windows 11 AI Explorer bakal menjadi kurang menarik.

Baca Juga : Sekilas Informasi Mengenai AI Explorer nan Akan Hadir di Windows 11

Dan seperti pada gambar diatas, ChatGPT di Mac dapat dibuka berbareng dengan aplikasi lain secara berdampingan untuk membantu pengguna mengenai pekerjaan nan tengah dilakukan di layar.

Yang menariknya, sama seperti fitur nan bakal datang di AI Explorer, pengguna tidak perlu memasukan pertanyaan mengenai pekerjaan ke kolom teks ChatGPT lantaran aplikasi tersebut dapat memandang layar pengguna. (mirip dengan screen understanding dan recall and snapshot yang baru baru ini diperkenalkan sebagai bagian dari AI Explorer).

Sehingga lantaran mempunyai fitur nan kurang lebih sama, jika OpenAI merilis ChatGPT untuk Windows, maka kesan ekslusif dan kehebatan dari AI Explorer bakal terasa biasa saja.

Nah gimana menurutmu mengenai perihal ini? komen dibawah guys dan berikan pendapat dan opinimu.

Via : OpenAI, Windows Latest

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort