One UI 6.1 Meluncur di Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34, Tapi Enggak Ada Fitur Andalan Ini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis One UI 6.1 ke sejumlah ponsel flagship keluaran lama, akhirnya Samsung merilis pembaruan tersebut ke jejeran ponsel mid-range mereka.

Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 bakal menjadi ponsel kelas menengah pertama nan bakal mencicipi update One UI tersebut. Kendati demikian, pembaruan tersebut tidak menghadirkan fitur Galaxy AI nan menjadi jualan utama One UI 6.1.

Dikutip dari Android Headlines, Rabu (15/5/2024), pembaruan One UI 6.1 untuk Galaxy A54 dan A34 telah digulirkan di Korea Selatan. Hal tersebut terbilang wajar dikarenakan Samsung sering memberikan update One UI perdana di negara asalnya.

Sebagai informasi, build number dari One UI 6.1 di kedua ponsel tersebut adalah A546SKSU4CXDC dan A346NKSU5CXD5.

Bagi Anda nan menunggu pembaruan ini di ponsel kamu, jangan khawatir. Sebab, pembaruan One UI 6.1 di A54 dan Galaxy A34 bakal rilis di seluruh negara secara bertahap.

Jika Anda mengharapkan fitur AI di kedua model ponsel itu, nampaknya Anda bakal kecewa. Karena pembaruan tersebut tidak datang dengan Galaxy AI.

Tapi jangan bersedih, One UI 6.1 juga menghadirkan fitur nan tak kalah menarik, seperti Wallpaper Editor, pilihan lock screen nan lebih beragam, pengaturan almanak lebih intuitif, fitur kesehatan nan diperbarui, multitasking lebih lancar, dan lain sebagainya.

One UI 6.1 bakal menjangkau lebih banyak perangkat Galaxy dalam beberapa hari mendatang, termasuk ponsel kelas menengah di seri Galaxy M, dan Galaxy A jenis terjangkau.

Meski pembaruan One UI 6.1 ke ponsel mid-range menghadirkan sejumlah peningkatan di segi software, jangan berekspektasi jika update tersebut menghadirkan fitur Galaxy AI. Sebab, fitur tersebut eksklusif untuk smartphone flagship Samsung.

WhatsApp menghentikan support untuk smartphone Android dengan iOS lawas. Pengguna dengan Android 4.0.4 dan iOS 9 pun tidak bisa lagi memakai aplikasi WA mulai 1 November 2021.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Fitur Penting One UI 6.1

Sebagai informasi, One UI 6.1 merupakan pembaruan terbaru untuk ponsel Samsung Galaxy. Apabila ponsel Samsung Anda mendukung pembaruan One UI 6.1, maka smartphone Anda bakal mendapatkan sejumlah fitur baru dan perbaikan di segi software.

Berikut beberapa fitur nan dihadirkan One UI 6.1:

Galaxy AI

Fitur AI adalah kelebihan dari One UI 6.1. Namun, fitur ini hanya datang pada perangkat Galaxy tertentu, seperti Galaxy S22 series, S23 series (termasuk S23 FE), Galaxy Tab S9 series (termasuk Galaxy Tab S9 FE, Tab S9 FE+), Tab S8 series, Galaxy Z Fold 5/Flip 5, Galaxy Z Fold 4/Flip 4.

Jika Anda mempunyai salah satu smartphone tersebut, Anda bakal meraskan fitur eksklusif nan terdapat di Galaxy AI, seperti AI Wallpaper, Real-Time Translation, Circle to Search, Note Assist, Browser Assist, dan Generative Edit.

Untuk mendapatkan fitur itu, pastikan smartphone kamu telah diperbarui ke One UI 6.1.

Animasi nan Lebih Halus

Animasi di One UI 6.1 terasa lebih lembut dibandingkan seri sebelumnya. Animasi nan diperbarui ini dapat menambah pengalaman perangkat nan lebih baik.

Perlindungan Baterai nan Lebih Baik

One UI 6.1 menghadirkan perlindungan baterai nan lebih baik. Pengguna bakal mendapatkan tiga mode perlindungan baterai: Dasar, Adaptif, dan Maksimum.

Perlindungan dasar menjaga daya baterai smartphone tetap antara 95% dan 100%, sedangkan perlindungan adaptif menjeda pengisian daya saat pengguna tidur dan menyelesaikannya tepat sebelum pengguna bangun. Perlindungan maksimum membatasi pengisian daya maksimum hingga 80% untuk kesehatan baterai nan lebih baik.

Widget Baru

Terdapat widget baru untuk layar beranda dan layar kunci agar lebih personal.

Samsung Mulai Uji Coba One UI 7 di Galaxy S24

Di sisi lain, Samsung dilaporkan tengah menguji One UI 7 di lini Galaxy S24, meski perusahaan asal Korea Selatan itu juga tetap mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 ke sejumlah produk lawas mereka.

Berdasarkan laporan dari SamMobile, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Sabtu (11/5/2024), firmware baru dengan nomor jenis S928BXXU2BXE2 dan S926BXXU2BXE1 baru saja muncul di server Samsung di Eropa.

Menurut laporan tersebut, nomor jenis nan ditemukan itu digadang-gadang merupakan pembaruan awal One UI 7. Sebab, huruf keempat dari kanan sudah berubah dari A menjadi B, nan menandakan jenis One UI terbaru itu mulai diuji coba.

Laporan tersebut juga menyebut jika update One UI itu mulai diluncurkan di lini Samsung Galaxy S24.

Terlihat dari empat kode awal dari nomor jenis S928BXXU2BXE2 nan merujuk pada Galaxy S24 Ultra, serta S926BXXU2BXE1 nan merujuk pada Galaxy S24+.

Kendati demikian, tetap terlalu awal untuk mengatakan apa nan bakal dipersiapkan Samsung dalam pembaruan One UI 7 tersebut.

Namun mengingat ini bakal menjadi update besar-besaran dari Samsung, kemungkinan besar One UI 7 bakal mempunyai fitur baru dan peningkatan pesat dari generasi sebelumnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6