Mulai Februari 2024, Microsoft Akan Hentikan Peluncuran Preview Updates Untuk Windows 11 22H2

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Windows 11 23H2 telah dirilis, dimana berbarengan dengan itu maka support jenis Windows sebelumnya bakal semakin berkurang, namun meskipun begitu harusnya support tidak berhujung secepat itu lantaran biasanya support bakal tetap melangkah selama lebih dari 18 bulan sejak pertama kali jenis tersebut diluncurkan.

Namun kawan kawan, ada berita krusial terlebih untuk Anda nan saat ini tetap memperkuat di Windows 11 22H2, dimana menurut info dari Microsoft melalui release note patch tuesday bulan November 2023 ini, mereka bakal mulai menghentikan support peluncuran preview pembaruan atau optional non security updates untuk Windows 11 22H2 mulai tanggal 27 Februari 2024 nanti.

After February 27, 2024, there will no longer be optional, non-security preview releases for Windows 11, version 22H2. Only cumulative monthly security updates will continue for the supported editions of Windows 11, version 22H2.

Nah bagi nan lupa, Windows 11 22H2 sendiri bakal tetap mendapatkan support hingga 8 Oktober 2024, namun dengan dihentikannya perilisan preview pembaruan ini, menjadikan Windows 11 22H2 hanya bakal mendapatkan cumulative pembaruan via patch tuesday saja.

Apa itu Preview Update

WinPoin sebenarnya pernah membahas perihal ini pada laman berikut, dimana disana dijelaskan mengenai apa saja siklus pembaruan di Windows 11 nan mencakup major update, moment update, preview pembaruan hingga cumulative update.

Namun kita jelaskan kembali, bagi nan belum tahu biasanya Microsoft bakal merilis Cumulative Update pada hari selasa minggu kedua nan biasa kita sebut dengan patch tuesday, selanjutnya pada hari selasa minggu keempat alias dua minggu setelah Cumulative Update dirilis, Microsoft bakal meluncurkan Cumulative Update Preview alias disebut juga dengan Non Security Updates. Jadwal perilisan pembaruan ini kadang terlambat dan apalagi tidak jarang pembaruan ini didapatkan akhir bulan alias awal bulan berikutnya.

Baca Juga : Microsoft Ulas Perjalanan Patch Tuesday di Windows

Update ini sendiri dulu dikenal dengan Optional Update dimana berbeda dengan Cumulative Update, pembaruan ini bebas untuk pengguna download alias lewatkan, pada dasarnya pembaruan ini bakal menjadi dasar dari Cumulative Update di bulan berikutnya.

Kenapa perihal ini diberlakukan?

Sayangnya tidak ada info perincian dari Microoft kenapa mereka menghentikan support preview pembaruan untuk Windows 11 22H2, padahal support pembaruan sendiri tetap cukup lama hingga 1 tahun kedepan.

Namun bisa saja ini adalah salah satu langkah dari Microsoft untuk membikin pengguna memperbarui jenis Windows mereka ke jenis nan lebih baru mengingat ada cukup banyak pengguna nan tidak buru buru melakukan upgrade setelah jenis baru dirilis.

Pengaruh Bagi Pengguna?

Sebenarnya tidak banyak perihal nan berpengaruh dari sisi pengguna, mengingat isi dari preview pembaruan atau non security pembaruan sendiri nan mencakup perbaikan dan fitur baru biasanya dirilis dan ditambahkan pada update cumulative dibulan berikutnya.

Misalkan nih, beberapa minggu lampau lalu Microsoft merilis preview pembaruan / non security pembaruan KB5030310, berbarengan dengan perilisan pembaruan tersebut Microsoft menghadirkan Windows 11 22H2 Moment 4, jika pengguna melewatkan pembaruan ini, pembaruan dengan peningkatan nan sama bakal didapatkan di pembaruan KB5031354 melalui patch tuesday atau cumulative pembaruan beberapa minggu setelahnya.

Jadi meskipun kita tidak mendapatkan preview pembaruan / non security pembaruan di Windows 11 22H2, itu bukanlah sebuah masalah. Apalagi Windows 11 22H2 sudah tidak bakal mendapatkan moment pembaruan yang berisi fitur baru didalamnya lagi.

Nah itulah sekilas pengumuman mengenai perubahan ini, jadi untuk Anda nan saat ini tetap menggunakan Windows 11 22H2, mulai bulan Februari 2024 kelak Anda tidak bakal mendapatkan preview pembaruan dan hanya bakal mendapatkan cumulative pembaruan saja.

Bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Next Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort