Mudik Pemilu 2024, 108.218 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Terjual

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI mencatat adanya peningkatan volume penumpang nan signifikan memasuki masa pemungutan bunyi di Pemilu 2024.

Berdasarkan info pada Senin (12/2) pagi, sebanyak 108.218 tiket kereta api jarak jauh telah terjual, jumlah ini meningkat 20% dibandingkan kondisi normal nan rata-rata sekitar sebanyak 90.000 penumpang. Angka penjualan tiket bakal terus meningkat lantaran penjualan tetap berlangsung.

Para penumpang tersebut menuju beragam wilayah seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Solo, dan kota lainnya. Untuk mengakomodasi pengguna pada periode 12 – 18 Februari 2024 tersebut, KAI menyiapkan 1.502 KA Jarak Jauh alias rata-rata 214 perjalanan per hari.

Menjelang masa pemungutan bunyi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, KAI mengintensifkan upaya pengamanan di area perkeretaapian.

Langkah-langkah keamanan ini diimplementasikan guna memastikan keselamatan pengguna serta kelancaran operasional kereta api menjelang periode pemungutan bunyi pada Pemilu 2024.

Kerja Sama TNI/Polri

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI secara aktif bekerja sama dengan TNI/Polri untuk meningkatkan pengawasan dan optimasi pengamanan di kereta api, stasiun-stasiun, serta jalur kereta api dan perlintasan sebidang.

Untuk pengamanan di kereta api, petugas memastikan bahwa penumpang tidak terganggu kenyamanannya oleh penumpang lain. KAI juga melakukan antisipasi potensi berantem antar pendukung nan berbarengan naik kereta api.

Adapun pengamanan di stasiun-stasiun, KAI melakukan antisipasi jika dijadikan titik kumpul pemberangkatan pendukung peserta pemilu . Antisipasi juga dilakukan untuk vandalisme terhadap stasiun dan Kereta Api

“Pelaksanaan pengamanan di stasiun dilakukan sesuai SOP serta menggunakan metal detector dan inspector mirror di stasiun-stasiun tertentu,” jelas Joni.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6