Miliarder Jeff Bezos Dapat Uang Rp 31,37 Triliun dalam Sepekan, dari Mana Asalnya?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos melepas 12 juta saham Amazon.com pada pekan ini. Itu jadi tindakan pertama sang miliarder melakukan penjualan saham perusahaannya sejak 2021. Penjualan saham Amazon ini dilakukan pada Rabu 7 Februari 2024 dan Kamis 8 Februari 2024.

Merujuk pada sebuah pengajuan, Jeff Bezos sukses mengantongi pendapatan hingga lebih dari USD 2 miliar, alias setara Rp 31,37 triliun (kurs Rp 15.685 per dolar AS).

Mengutip seattletimes.com, Senin (12/2/2024), Amazon pada 2 Februari 2024 silam bilang bahwa Bezos berencana menjual sebanyak 50 juta saham perusahaan raksasa Amerika Serikat tersebut selama 12 bulan ke depan.

Alhasil, Jeff Bezos berpotensi mendapatkan untung dari lonjakan saham nan kembali menempatkannya untuk bisa menjadi orang terkaya di dunia.

Merujuk catatan Bloomberg Billionaire Index, kekayaannya telah meningkat USD 22,6 miliar alias setara Rp 354,481 triliun pada tahun ini, menjadi USD 199,5 miliar (lebih dari Rp 3.129 triliun) pada Jumat, 9 Februari 2024.

Sebagai catatan, pendiri dari Amazon tersebut telah menjual lebih dari USD 30 miliar (Rp 470,5 triliun) saham sejak pencatatan pada 2002. Termasuk mengantongi sekitar USD 20 miliar (Rp 313,7 triliun) pada 2020 dan 2021.

Bezos terutama memberikan saham, termasuk saham senilai USD 230 juta (Rp 3,6 triliun) kepada organisasi nirlaba pada November 2023.

Namun, pihak Amazon melalui ahli bicaranya sejauh ini tetap menolak untuk berkomentar atas pencapaian tersebut.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Miliarder Jeff Bezos Punya Kebiasaan Unik di Kantor Amazon, Apa Itu?

Pendiri raksasa teknologi Amazon, sekaligus miliarder Jeff Bezos rupanya mempunyai kebiasaan nan unik. Meski dikenal sebagai seorang miliarder, tetapi hingga hari ini, Jeff Bezos tetap menggunakan meja buatan sendiri dari masa awal Amazon di tahun 1990an.

Melansir Insider, Selasa (30/1/2024) tunangan Jeff Bezos, ialah Lauren Sanchez, memposting foto di IG pada akhir pekan, nan menunjukkan Bezos bekerja dari laptop di meja tuanya.

Dia juga membagikan foto lawas Bezos dengan tampilan serupa, nan menunjukkan dia bekerja di kandang mobil rumah nan dia sewa pada saat mendirikan Amazon.

"Setelah bertahun-tahun… Saat saya menemui dia sedang bekerja pagi ini, saya mengambil foto ini," tulis Sanchez dalam postingannya.

"Saya senang dia tetap bekerja dari salah satu meja pertama nan sudah ada sejak awal," ungkapnya.

Diketahui, meja itu sudah dipakai oleh Bezos sejak tahun 1995, setahun setelah mendirikan raksasa e-commerce tersebut, menurut sebuah blog di situs web Amazon.

Suka Berubah

Salah satu tenaga kerja pertama perusahaan, Nico Lovejoy, mengatakan sang miliarder perlu membeli meja untuk beberapa staf nan dia miliki saat itu, dan terdapat toko Home Depot di seberang jalan.

"Dia memandang meja nan dijual dan pintu nan dijual, dan nilai pintunya jauh lebih murah, jadi dia memutuskan untuk membeli pintu dan memasang beberapa kaki di atasnya," cerita Lovejoy.

Lovejoy mengatakan meja-meja itu kerap memerlukan reparasi dan mereka kudu meletakkan karton di bawah kakinya agar merata.

"Kami membikin meja berpintu lantaran ini adalah langkah termurah untuk menopang sebuah meja. Banyak perihal nan kami lakukan sifatnya suka berubah. Selama solusi itu berhasil," tambahnya.

Simbol Budaya Amazon

Meja pintu telah menjadi simbol budaya Amazon dan nilai intinya ialah berhemat.

Versi modern dari kreasi ini tetap digunakan di seluruh instansi Amazon, kata perusahaan itu dalam postingan blog tahun 2018.

CEO pertama Netflix, Marc Randolph, sebelumnya mengatakan bahwa Bezos memberitahunya bahwa meja darurat adalah "pesan nan disengaja".

"Ini adalah langkah untuk mengatakan bahwa kami membelanjakan duit untuk hal-hal nan berakibat pada pengguna kami, bukan pada hal-hal nan tidak berdampak," kenang Randolph.

Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada tahun 2021 dan saat ini menjadi orang terkaya kedua di bumi dengan kekayaan 4SD 184 miliar.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6