Microsoft Perkenalkan Terminal Chat di Windows Terminal

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Sekitar pertengahan bulan Oktober 2023 lampau Microsoft mengumumkan kesiapan Windows Terminal Canary, dimana jenis ini adalah jenis rilis lebih awal dari Windows Terminal Preview.

Nah mengenai Windows Terminal Canary ini, baru baru ini Microsoft melalui rilis jenis 1.20.3202.0 menghadirkan fitur baru nan mereka sebut dengan Terminal Chat. Fitur ini sendiri merupakan sebuah fitur chat yang ditenagai AI nan memungkinkan pengguna untuk menerima saran seperti mencari perintah alias menjelaskan pesan kesalahan.

“Terminal Chat is a feature in Windows Terminal Canary that allows the user to chat with an AI service to receive intelligent suggestions (such as looking up a command or explaining an error message) while speaking in the context of their Terminals remain.”

Menarik bukan?, jelas tentu saja, lantaran dengan fitur ini para developer bisa dengan lebih terbantu seandainya memerlukan info unik mengenai perintah dan pesan kesalahan nan mereka terima.

Namun sayangnya nih, untuk sekarang pengguna kudu memasukan AI service endpoint dan key yang telah Anda buat di Azure OpenAI Service Resource kemudian memasukkanya ke pengaturan Terminal Chat. Dokumentasi dan langkah membuatnya bisa Anda baca pada laman berikut.

Dalam laman tersebut Anda bakal mempelajari mengenai gimana langkah membikin resource dan mendeploy sebuah model. Yah untuk Anda nan bekerja sebagai developer dan memang telah terbiasa dengan Azure terutama OpenAI Service Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perihal ini.

Nah dengan itupula, dapat dikatakan bahwa fitur ini memang belum ditujukan untuk semua pengguna Windows Terminal selain Anda memang mempunyai akses ke jasa Azure OpenAI. Namun jika kelak seandainya Microsoft membikin Terminal Chat menjadi fitur umum, maka ini bakal sangat menarik lantaran Terminal saat ini cukup banyak digunakan para developer di ekosistem Windows.

Bagaimana nih menurutmu? komen dibawah guys dan berikan pendapat dan opinimu.

Via : Microsoft

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort