Mesin Pesawat Garuda Indonesia Keluar Api saat Terbang, Semua Penumpang Selamat

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji kloter 5 dari Makassar mungkin dibuat resah saat baru terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Hal ini lantaran salah satu mesin pesawat mengeluarkan api saat sudah terbang.

Akibat kejadian ini, pilot penerbangan GA-1105 memutuskan untuk melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah sigap guna memitigasi akibat pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi hambatan engine pesawat nan memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Rabu (15/5/2024).

Seluruh Penumpang Selamat

Irfan Setiaputra menegaskan, penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT, dan seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju pondok untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti.

"Lebih lanjut, seluruh penumpang pesawat tiba di airport dalam keadaan selamat dan baik, dan bakal kembali diberangkatkan secepatnya merujuk pada kesiapan pesawat pengganti," kata Irfan.

"Proses pendampingan jemaah menuju pondok turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan mengenai guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," pungkas Irfan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6