Menhub: Kendaraan Listrik di IKN Beroperasi Mulai Agustus 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Transportasi massal berbasis listrik (electric vehicle) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mulai beraksi pada Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peninjauan transportasi massal Transjakarta di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/6/2024).

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan bus-bus listrik untuk transportasi massal. Selain kendaraan bus listrik, terdapat juga kereta otonom tanpa rel alias Autonomous-rail Rapid Transit (ART) untuk melayani transportasi massal.

"ART itu semacam trem tapi nan spesial tanpa rel dan listrik, dia pakai baterai, Agustus mulai berjalan," tutur Budi.

Adapun menteri dan pejabat eselon I diminta untuk menggunakan kendaraan listrik. "Swasta apakah itu blue bird, gojek, grab sudah mau beraksi di sana," kata dia.

Sementara untuk taksi terbang alias drone nan mengangkut penumpang, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan pihaknya belum bisa menemukan izin nan sesuai.

"Regulasi ini kan kita merujuk pada negara-negara maju, Amerika pun belum memberikan suatu izin nan formal," tutur Budi. Oleh lantaran itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum bakal memberikan izin untuk taksi terbang sebagai moda transportasi di IKN.

"Kota menggunakan drone, ada risikonya. Oleh karenanya, kita belum memberikan izin untuk taksi terbang, untuk exhibition boleh, untuk pikulan umum belum," tuturnya.

Sebelumnya, mengenai jasa bus listrik, Kemenhub telah melaksanakan kajian perencanaan teknis pikulan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

3 Trayek

Ketiga trayek tersebut ialah rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium; rute Park & ride sampai Botanical Garden total kebutuhan armada 7 bus medium; dan rute Park & ride 1 sampai Park & ride 2 dengan total kebutuhan 21 armada.

Sementara itu, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) juga berencana bekerja sama dengan Bluebird untuk melayani rute di dalam IKN alias KIPP tahap 1, dalam perihal ini mengenai pengadaan bus listrik dan rencana operasionalnya.

Kemudian, untuk 2025 telah diusulkan anggaran Buy the Service (BTS) untuk melayani rute IKN. Terkait rencana rute bakal menyesuaikan dengan persil tanah nan sudah terbangun, sedangkan jumlah kebutuhan armadanya tetap menunggu kajian dan review dari tim OIKN.

Kemenhub bakal memberikan support mengenai transportasi dalam rangka peringatan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.

Menteri Basuki Pastikan HUT RI di IKN Siap Digelar

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono memastikan jika secara keseluruhan persiapan pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI di IKN telah siap.

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI bakal ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar dia melansir Antara di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan satu per satu seperti letak dan tata urutnya mengenai seremoni HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Selain itu, sutradara untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN ialah Wishnutama Kusubandio dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Sudah dicek satu per satu oleh Bapak Presiden RI, satu per satu dicek lantaran sutradaranya itu Bapak Wishnutama dengan Bapak Menteri Sekretaris Negara. Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa agar terlihat istana dan instansi presiden, di mana tata urutannya insya Allah sudah siap," katanya pula.

Basuki juga menyampaikan bahwa pada Agustus kelak 12 tower rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara.

Sedangkan rumah tapak kedudukan menteri juga kelak sudah selesai, sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden sudah selesai.

Terkait apakah Kepala OIKN periode 2022-2024 Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN periode 2022-2024 Dhony Rahajoe diundang dalam HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024, Basuki menjawab bahwa keduanya diundang. "Kemarin diundang," katanya pula.

Sebagai informasi, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan seremoni HUT Ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus 2024 bakal dibuat lebih spesial dari perhelatan sebelumnya.

Persiapan lebih spesial digelar karena HUT Ke-79 di IKN menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa kedudukan Presiden Jokowi.

Mendag: IKN Bisa Setara Washington DC

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan turut buka bunyi mengenai Ibu Kota Nusantara alias IKN Nusantara di Kalimantan Timur, pasca dua pejabat di IKN mundur.

Diketahui mundurnya Kepala OIKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe menandai beberapa sinyal pada persoalan dan halangan pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

Mendag mengingatkan masyarakat jangan menghujat terlebih dahulu  pembangunan IKN nan dianggap bermasalah usai mundurnya kedua pejabat tersebut.

"Oh IKN itu masyallah keren banget, jadi gini loh kalo ada orang nan nggak setuju dengan IKN datang dulu. Datang dulu, bermalam liat dan rasakan di pikiran, baru. Yanv nggak pernah liat, nggak pernah datang nggak pernah merasakan terus marah-marah maki-maki, liat dulu," kata Mendag saat ditemui di Serang, Banten, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, pembangunan IKN melangkah dengan baik, dan saat ini sudah mulai terlihat hasilnya. Bahkan dia menyebut IKN bisa setara dengan Washington DC.

"Masih alam. Masih seger hanya blm jadi semua memang, tapi nanti  jadi kira-kira kaya Washington D.C," ujarnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6