Menhub: Jangan Mudik Lebaran Naik Motor, Bahaya!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mewanti-wanti masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Lantaran, menggunakan sepeda motor rawan terjadi kecelakaan.

Bahkan, berasas info nan diperoleh Menhub, nomor kecelakaan lampau lintas terbesar disumbang oleh sepeda motor sebesar 70 persen. Oleh lantaran itu, Menhub Budi menyarankan lebih baik mudik menggunakan kendaraan umum.

"Seyogyanya lakukan mudik lebaran dengan pikulan massal. Mobil pribadi apalagi motor saya kira tidak digunakan, terutama motor lantaran kecelakaan banyak 70% kecelakaan lantaran motor," kata Menhub Budi saat ditemui usai membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

Bercermin pada tahun 2023 lalu, dikutip dari laman Kementerian Perhubungan, jumlah kecelakaan lampau lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan kejadian kecelakaan tersebut 77% nya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

Ikut Mudik Gratis

Melihat dari besarnya akibat nan bakal dihadapi oleh pemudik nan menggunakan sepeda motor, Kemenhub membujuk masyarakat berasosiasi dalam program mudik cuma-cuma nan diselenggarakan Kementerian Perhubungan.

Selain penumpang, sepeda motornya juga bakal juga bakal diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan.

"Kita menyediakan juga akomodasi mudik gratis," imbuhnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Moda Transportasi

Adapun beragam Moda Mudik Gratis Program Mudik Gratis nan diselenggarakan oleh Kemenhub tersedia melalui beragam moda, ialah moda transportasi darat, moda transportasi laut, serta moda kereta api, nan teknis pelaksanaannya bakal digelar di titik simpul transportasi.

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat nan telah dibuka pada 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan kembali tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik bakal dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus kembali bakal dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Laut dan Kereta Api

Selanjutnya, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, nan dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Sementara program mudik cuma-cuma di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”. Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret-18 April 2024. Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik bakal dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus kembali bakal dilakukan pada 13-19 April 2024.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6