Menhub Budi Karya: Orang Malaysia Banyak Tanya Soal Whoosh

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Halim Jakarta, pada Minggu (19/11/2023). Dalam tinjauan ini, menhub memandang antusiasme nan tinggi dari penduduk untuk menggunakan moda transportasi modern Kereta Cepat Whoosh.

Berdasarkan info PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), tercatat pergerakan penumpang tertinggi menembus 21 ribu penumpang dalam sehari. Sedangkan Sejak dioperasikan, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 400 ribu penumpang, dengan tingkat okupansi melampaui 95 persen.

Saat kunjungan ke Stasiun Halim, Menhub Budi karya menyapa dan berbincang langsung kepada masyarakat pengguna Whoosh. Masyarakat mengaku puas dan bangga dengan adanya kereta sigap ini.

“Hari ini saya mau jalan-jalan ke Whoosh rupanya penuh sekali. Pergerakannya sudah sebanyak 36 kali. Sebanyak 18 ke Bandung dan 18 ke Jakarta. nan lebih menggembirakan lagi nan tadinya naik mobil ke Bandung alias Jakarta, pindah naik Whoosh. Ini tujuan Presiden Jokowi untuk menjadikan ini kereta api massal,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, banyak masyarakat nan menjadikan Whoosh sebagai tujuan wisata. Ia mencontohkan, masyarakat Bandung banyak nan memilih mau merasakan naik Whoosh.

"Begitu tiba di Jakarta, mereka langsung menjajal LRT nan terkoneksi dengan Whoosh. Lalu mereka wisata kuliner dan kemudian kembali kembali ke Bandung pada hari nan sama, " tuturnya.

Menhub mengungkapkan, ada penduduk dari Malaysia juga turut antusias menjajal Whoosh. "Mereka mendarat di Kertajati. Lalu menginap semalam di Bandung, naik Whoosh ke Jakarta kemudian kembali ke Malaysia. Ini sangat luar biasa,” sebut Menhub.

Menhub juga mengungkap, jenama Whoosh sudah dikenal hingga luar negeri. Menhub mencontokan saat dia melakukan kunjungan kerja ke Malaysia, orang-orang di sana banyak nan bertanya tentang Whoosh.

“Ketika kemarin saya ke Malaysia, mereka tidak bilang kereta cepat, tapi bilangnya Whoosh-nya bagaimana? Jadi brand Whoosh itu sudah diketahui banyak orang hingga ke luar negeri," ujarnya.

Turut datang mendampingi dalam aktivitas ini Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal.

Jajal Kereta Cepat, Ma’ruf: Enak, Sebentar Sudah Sampai

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin membagikan kesannya pertama kali menjajal naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh.

Ma'ruf megaku perjalanan dengan Whoosh nyaman. Ia apalagi memuji efektivitas waktu perjalanan menuju Bandung nan hanya sekitar 40 menit saja.

"Saya merasa lezat sekali, sejenak sudah sampai sini. Itu saya kira. Tidak terasa," ujar Ma'ruf, usai Orasi Ilmiah di Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Menurut Ma'ruf, meski di awal pembangunan kereta tersebut terdapat pro kontra, tetapi KCJB membuktikan sebagai transportasi nan memudahkan masyarakat.

"Terlepas dari pro kontra, tapi kereta sigap ini merupakan transportasi nan saya kira memberikan kemudahan. Contoh misal saya ke sini langsung, selesai ini saya kembali lagi kereta lagi, siang kelak sudah ada aktivitas di Jakarta. Jadi ini memberikan kemudahan-kemudahan pada kita nan memang beraktivitas, seperti saya alias nan lain. Mungkin juga pengusaha dari Jakarta," ujarnya.

Oleh lantaran itu, Ma'ruf membujuk masyarakat untuk menggunakan Whoosh sebagai pilihan transportasi menuju Bandung alias sebaliknya. Menurutnya, keberadaan Whoosh sangat memudahkan dan membut lebih efisien.

"Saya kira itu nilai baiknya ya, masalah nan soal pro kontra dan kontroversi itu barangkali sudah lewat, sekarang mari kita manfaatkan kereta api sigap ini nan tentu memberikan faedah nan baik untuk kebaikan dan kegiatan-kegiatan kita ke depan untuk lebih sigap dalam beraktivitas," pungkasnya.

Kereta Cepat Pertama di Indonesia

Kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam nan diberi nama Whoosh tersebut merupakan kereta sigap pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Kereta sigap ini merupakan corak komitmen pemerintah Indonesia dalam modernisasi transportasi massal di Tanah Air nan efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun dengan TOD (transit oriented development).

Perjalanan ke Bandung kali ini merupakan pengalaman perdana Ma'ruf beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menjajal kereta Whoosh, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 2 Oktober 2023.

Setibanya di Jakarta, Ma’ruf bakal melanjutkan agenda dengan menghadiri Peresmian Asuransi Allianz Life Syariah, di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada pukul 14.30 WIB.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan ini, di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukjak Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6