Mengupas Fitur Multifungsi di Cover Screen Galaxy Z Flip5: Bisa Bales WA, Nonton Netflix hingga Rekam Video 4K

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip5 menghadirkan penemuan Flex Window, cover screen besar nan memungkinkan pengguna mengakses sejumlah aplikasi alias info berfaedah tanpa kudu membuka lipatan ponsel alias layar utama.

Cover screen-nya sendiri berukuran 3,4 inci (diagonal) dengan panel Super AMOLED (kecerahan hingga 1.600 nits), kecepatan refresh 60Hz, dan resolusi 306 ppi. Uniknya, cover screen pada Flip5 berbentuk seperti berkas digital nan ikonik.

Meskipun layarnya tidak memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan One UI Samsung, namun user interface pada cover screen Galaxy Z Flip5 berbasis widget sehingga pengguna bisa mengakses semua aplikasi favorit (hingga 13 aplikasi).

Mulai dari memeriksa cuaca, mengakses aplikasi pesan WA (WA), membuka kamera, memutar musik lewat Spotify, memandang riwayat panggilan, mengecek kalender, menonton video alias movie di Youtube, Vidio, dan Netflix hingga merekam video dengan kualitas sampai 4K.

Pengguna apalagi dapat men-swipe layar untuk beranjak antar widget alias mencubit ke arah tengah untuk menampilkan semua widget nan aktif.

<p>Menonton movie di cover screen Samsung Galaxy Z Flip5. Liputan6.com/Iskandar</p>

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan cover screen Galaxy Z Flip5 sekarang didesain bukan hanya menjadi lebih besar, tapi semakin multifungsi sehingga membikin keseharian pengguna menjadi lebih seamless.

"Di layar ini, Anda bisa tetap membalas WA ketika mungkin sedang hectic di perjalanan ke instansi alias bisa juga menonton Netflix di device nan compact ketika berada di pesawat saat bakal business trip. Semua itu bisa dilakukan langsung dari Cover Screen dengan praktis,” papar Verry, dikutip dari situs resmi Samsung, Senin (20/11/2023).

Beberapa aplikasi pesan singkat seperti WA dan Samsung Message juga bisa diakses dengan sigap di cover screen.

Setelah pengguna memandang notifikasi pesan nan diterima, mereka bisa langsung membalas alias memberikan respons lantaran cover screen juga bisa memunculkan keyboard virtual QWERTY.

Chatting pun bisa dilakukan dengan lebih praktis tanpa perlu membuka perangkat Samsung Galaxy Z Flip5 5G, jadi lebih mudah saat kudu mengabari teman, keluarga, alias rekan instansi di sela-sela aktivitas alias di tengah perjalanan.

Akses Aplikasi dengan Cepat di Cover Screen Pakai Good Lock

Ukuran cover screen nan besar pada Galaxy Z Flip5 tidak hanya memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam pengambilan konten foto dan video, tapi juga memudahkan untuk mengakses aplikasi secara sigap tanpa kudu repot membuka ponsel.

Dengan ukuran cover screen 3,78 kali lebih besar dibanding generasi sebelumnya, pengguna bisa lebih leluasa menikmati beragam konten dari aplikasi nan diinginkan, mulai dari Netflix, Gmail, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Untuk bisa menikmati konten langsung dari cover screen, Anda kudu instal terlebih dulu aplikasi Good Lock nan bisa Anda dapatkan di Samsung Store. Jika sudah terinstal, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Good Lock, lampau temukan modul MultiStar nan ada di kategori LifeUp, dan instal.
  • Setelah modul MultiStar terpasang, buka I love Galaxy Foldable, lampau klik menu Launcher Widget.
  • Jika Launcher Widget sudah terbuka, step berikutnya Anda scroll ke bawah, dan menemukan deretan aplikasi mana saja nan diinginkan untuk tampil di cover screen Galaxy Z Flip 5.
  • Kamu dapat memilih hingga 10 aplikasi dalam satu layar cover screen, namun jika dirasa kurang Anda bisa memilih lainnya dan aplikasi bakal tampil di layar cover screen berikutnya.

Jepret Berbagai Momen secara Hands-free

Dalam mengambil foto alias merekam video (hingga resolusi 4K), Anda juga bisa terbantu dengan hinge nan membikin Galaxy Z Flip5 bisa dilipat dari beragam sudut.

Untuk mengatur komposisi video dengan mudah, Anda juga bisa menyalakan fitur Auto Framing nan sudah tersemat secara langsung di kamera Galaxy Z Flip5.

Fitur ini cocok bagi milenial alias Gen Z, di mana konten-konten terkenal di media sosial belakangan ini banyak menggunakan teknik storytelling alias bercerita di depan kamera.

Fitur Auto Framing memungkinkan kamera utama Galaxy Z Flip5 melacak pergerakan pengguna sehingga gambar nan diambil tidak bakal out of frame.

Dengan fitur ini Anda bisa membikin video dengan leluasa tanpa kudu cemas wajah Anda tidak on-frame, lantaran sistem pada kamera Galaxy Z Flip5 bakal secara otomatis mendeteksi pergerakan kamu.

Lensa kamera bakal secara otomatis bergeser ketika Anda keluar dari komposisi dan bakal melakukan zoom in alias zoom out secara otomatis ketika subjek mendekati lensa.

Fitur ini memaksimalkan pengalaman mengambil video dengan Flex Cam nan membuatnya tetap stabil, sehingga Anda tidak perlu cemas video nan dihasilkan bergetar.

Bikin Stiker Lucu Langsung dari HP

Galaxy Z Flip5 juga memungkinkan Anda untuk membikin stiker kocak berbasis augmented reality (AR). Teknologi nan menggabungkan antara 2D dan 3D ini telah dituangkan ke dalam corak filter di beragam platform.

Di Galaxy Z Flip5, AR terangkum di dalam aplikasi berjulukan AR Zone. Di dalamnya, Anda bisa memilih emoji, stiker, alias pun membikin doodle sketch untuk melengkapi penampilan Anda saat bakal mengambil video secara real-time.

Pengguna bisa mendapatkan AR Zone nan tersemat secara otomatis di kamera dengan mengunduhnya terlebih dulu di Galaxy Store. Jika sudah terinstal, nantinya AR Zone bisa diakses dengan memilih menu lainnya pada tampilan layar kamera.

Ada enam menu nan tersedia di AR Zone nan wajib Anda ketahui.

  1. AR Emoji Studio untuk merancang emoji dalam corak potret diri
  2. AR Emoji Camera untuk mengambil foto dan video dengan emoji AR
  3. AR Emoji Stickers untuk membikin stiker emoji
  4. AR Doodles untuk menggambar doodle di kamera
  5. Deco Pic untuk membubuhkan stiker di foto maupun video
  6. Quick Measure untuk melakukan pengukuran dengan memanfaatkan AR di kamera.

Kamu hanya perlu menggeser pilihan menu pada kamera ke ‘lainnya’. Setelah itu, Anda bisa memandang tulisan AR Zone nan tersemat otomatis di pilihan menu kanan paling atas.

Setelah itu, pilih opsi menu nan bakal dikreasikan. Misalnya, saat Anda memilih menu AR Doodle di mode Flex Mode, layar pada bagian bawah Galaxy Z Flip5 bakal menampilkan icon pen nan bisa Anda gunakan untuk melukis sketch pada wajah alias pun foto lain nan mau dijepret.

Menariknya, lantaran menggunakan teknologi AR, gambar nan Anda sematkan bisa mengikuti objek nan bergerak.

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6