Mendag Bujuk Pengusaha AS Investasi di IKN Nusantara

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri forum Bisnis Indonesia-Amerika Serikat (AS) di New York, AS. Dalam pertemuan ini, mendag membujuk pengusaha AS untuk menanamkan modal di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dalam aktivitas dengan tema "Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN," Zulkifli Hasan menyoroti pentingnya investasi swasta dalam sektor seperti prasarana transportasi dan logistik untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

“Pembangunan IKN ini merupakan proyek besar nan memerlukan investasi dan kerjasama antar beragam pihak. Investasi swasta sangat terbuka lebar di beragam sektor, termasuk sektor pendukung perdagangan seperti prasarana transportasi dan logistik”, ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan, Selasa (21/11/2023).

Meskipun tantangan ekonomi global, Mendag Zulkifli Hasan memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kokoh, mencapai 4,94% pada Q3 2023, dengan inflasi nan terkendali di 2,28% pada September 2023.

Kemudian, antusiasme positif dari pelaku upaya dalam forum ini disambut baik oleh Mendag Hasan, nan berambisi bakal terjadi peningkatan kerja sama antara Indonesia dan AS.

Serta, dalam kesepakatan Comprehensive Strategic Partnership (CSP) nan ditingkatkan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden menjadi momentum positif dalam hubungan kedua negara. Investasi di IKN diharapkan tidak hanya memberikan akibat ekonomi nan luas tetapi juga mendukung pertumbuhan sektor UMKM Indonesia.

Selain itu, Mendag menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan untuk bekerja berbareng Otorita IKN dan lembaga mengenai dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara nan berfokus pada pemerataan ekonomi.

“Kementerian Perdagangan juga bakal bekerja secara berkesinambungan berbareng Otorita IKN dan seluruh lembaga terkait, dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara nan berasaskan pada pemerataan ekonomi, dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektor perdagangan nan lebih kuat dantransformatif”, tegas Zulkifli Hasan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6