Mau Mudik? Jangan Lewatkan Tanggal Diskon Tarif Tol Trans Jawa Ini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran tiba. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sekitar 193 juta masyarakat Indonesia bakal melakukan pergerakan di masa mudik lebaran 2024.

Adapun prediksi arus lampau lintas pada lebaran mendatang ialah agenda puncak arus mudik nan diperkirakan bakal terjadi pada Sabtu, 6 April 2024, sementara puncak arus kembali diantisipasi terjadi pada Senin, 15 April 2024.

Untuk mencegah adanya penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik ini, Kementerian PUPR berbareng Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menggelar diskon tarif tol di periode tertentu.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk salah satunya. Perseroan bakal menyebar potongan nilai alias potongan tarif tol hingga 20% pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Diskon tarif tol sebesar 20% ini untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Semarang dan sebaliknya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, diskon tarif tol 20 persen ini bertindak untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

"Potongan tarif tol ini bakal bertindak dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik," kata Lisye, ditulis Rabu (3/4/2024).

Diskon tarif tol 20 persen ini bertindak untuk semua golongan kendaraan. Tujuannya untuk memaksimalkan pengedaran lampau lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu nan diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

Jadwal Diskon Tarif Tol

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol adalah untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode :

Arus Mudik

  •  Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Arus Balik 

Sementara itu untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek:

  • Mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

"Potongan tarif ini bertindak untuk pengguna jalan nan menggunakan duit elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo duit elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi nan optimal," ucap Lisye.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Daftar Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Lebaran 2024: Tol Cipali hingga Pelabuhan Merak

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan beberapa titik krusial dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2024, utamanya untuk tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Pelabuhan Ketapang.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

"Kita mapping di tempat-tempat krusial dan mungkin kita tahu bahwa titik krusial itu di Cipali, lampau di Merak, lampau di Ketapang," kata Menhub Budi.Menurutnya, pemetaan arus mudik lebaran di tiga titik krusial tersebut menjadi penting. Hal itu guna menangani kemacetan parah pada saat puncak mudik.

Tak hanya di darat, melainkan di laut juga ada titik krusial ialah berada di Batam, dan di Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan dan juga Madura.

KoordinasiLebih lanjut, guna mengatasi tiga titik krusial tersebut Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR hingga Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Khusus untuk Tol Cipali, Kemenhub dengan Korlantas Polri bakal memberlakukan satu arah (one way), alias mengambil sebagian jalur dari arah sebaliknya (contraflow), dan ganjil genap bakal dilakukan jika diperlukan.

"Kami berbareng sudah menetapkan kapan melakukan contraflow, one way, ganjil genap. Kakorlantas sudah menetapkan bakal diberlakukan ganjil genap, jika one way dan contraflow bakal dilihat di waktu-waktu gimana keadaannya," pungkas Budi Karya Sumadi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6