Mau Beli Hewan Kurban Mulai Harga Rp 2 Juta, Cek Caranya

Sedang Trending 6 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah nan bakal datang, platform shopping online AlloFresh menjalin kerjasama dengan Dompet Dhuafa dan Human Initiative untuk menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara daring di AlloFresh. 

Chief Financial Officer AlloFresh Adi Gardiawan Ganrijadi mengatakan program nan berjudul Qurban Mudah dan Berkualitas di AlloFresh ini berjalan dari tanggal 17 Mei hingga 16 Juni 2024. Program ini bermaksud untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat nan mau membeli hewan kurban dan menyalurkan kepada nan berhak.

“Program ini berpendirian pada empat perihal ialah kenyamanan dalam bertransaksi bagi pekurban, transparan lantaran ada laporan nan bakal dikirim bagi pekurban, hewan kurban nan berbobot dan memenuhi syariat, serta tersedianya hewan kurban dengan nilai nan kompetitif,” jelas Adi dikutip Senin (10/6/2024).

Proses transaksi pembelian hewan kurban di AlloFresh sangatlah mudah, dimulai dengan pekurban melakukan transaksi pembelian hewan kurban melalui Allofresh kemudian bakal mendapatkan notifikasi pembelian. Sebagai corak transparansi, pekurban bakal mendapatkan sertifikat dan juga bakal menerima laporan melalui email dan WA setelah hewan kurban disembelih dan disalurkan. AlloFresh menggandeng lembaga penyelenggara kurban untuk menyediakan, melakukan pemotongan dan penyaluran hewan kurban.

Dalam program ini AlloFresh menyediakan tiga jenis pilihan hewan kurban nan dijamin kesehatannya dan memenuhi hukum Islam, ialah Kambing Standard (Berat 23–25 Kg) dengan nilai Rp 2.050.000,-, Kambing Premium (Berat 29-33 Kg) dengan nilai Rp 3.000.000,- dan Sapi (Berat 250-300 Kg) dengan nilai Rp 14.350.000,-.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Human Initiative untuk memberikan pengalaman berkurban nan mudah dan berbobot bagi konsumen kami. Dengan kerjasama ini, AlloFresh tidak hanya memudahkan proses pembelian hewan kurban, tetapi juga memastikan bahwa setiap tahap dilakukan dengan transparan dan kualitas terbaik,” ujar Adi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ibadah Kurban

Sementara itu, Ahmad Faqih Syarafaddin, General Manager Resources Mobilization Dompet Dhuafa menambahkan bahwa kerjasama AlloFresh dan Dompet Dhuafa bakal memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban dengan langkah nan modern namun tetap sesuai dengan syariat. 

“Kami percaya bahwa melalui kemitraan ini, dapat membujuk lebih banyak orang dalam berbagi kebahagiaan kepada masyarakat nan memerlukan daging kurban dan memberikan akibat positif nan lebih besar bagi semua stakeholder pendukung,” tegas Ahmad.

Program kurban AlloFresh berbareng Dompet Dhuafa ini merupakan penyelenggaraan nan kedua kalinya di mana dalam penyelenggaraan sebelumnya mendapatkan sambutan nan antusias dari masyarakat. AlloFresh berambisi inisiatif ini dapat membantu lebih banyak orang dalam melaksanakan ibadah kurban dengan langkah nan lebih praktis dan nyaman.

“Melalui kerjasama dengan Dompet Dhuafa, AlloFresh berkomitmen untuk menyediakan pengalaman pembelian hewan kurban nan mudah, berkualitas, transparan, dan dapat diandalkan. Kami berambisi para pekurban bisa menerima pendekatan digital untuk menunaikan ibadah nan mulia ini serta memastikan kontribusi mereka dilakukan dengan mudah dan berkualitas,” pungkas Adi.

Menengok Peruntungan Pedagang Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2024

Hari Raya Idul Adha semakin mendekat. Pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha bakal diperingati pada hari Senin 17 Juni 2024.  Menjelang seremoni ini semakin banyak umat muslim nan mencari berbagai hewan kurban. 

Pucuk dicinta ulam tiba. sejumlah pedagang hewan kurban musiman pun memenuhi pinggir jalan dengan kambing dan sapi. Salah satunya adalah Awang alias nan sering dikenal sebagai Acil. Pedagang berumur 30 tahun ini menjual hewan nan sering menjadi pilihan shohibul qurban alias orang nan berkurban, ialah kambing, domba, dan sapi. 

Dalam kesehariannya, dia berbisnis di rumahnya, namun dia beranjak ke tempat nan lebih lapang saat musim kurban. Tahun ini, dia mendirikan tenda untuk berbisnis di sebuah lahan dekat Klinik Mekar Sari III, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Pasar Kemis, kabupaten Tangerang.

“Saya memang pedagang harian. Biasanya saya berbisnis di rumah, tapi jika musim kurban memang saya pindah ke sini lantaran memang lebih banyak nan memesan hewan kurbannya,” ujar Awang (30) saat kepada Liputan6.com, Senin (10/06/2024). 

Dalam menjual hewan kurban, Awang mematok nilai domba dan kambing di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 9 juta, sementara sapi dipatok mulai dari nilai Rp 18 juta hingga Rp 35 juta.

“Tergantung kondisinya” ucap Awang. 

Menjual hewan kurban ini ditekuni Awang lantaran hasilnya cukup menguntungkan meskipun tidak menentu. Ia mengatakan bahwa untung nan didapatkan per hewan nan bisa dijual biasanya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

“Kalau setiap penjualan, biasanya untungnya nggak menentu. Kadang hanya dapat Rp 500 ribu, kadang bisa dapat Rp 1 juta” tutur Awang. 

Perawatan Hewan Kurban nan Dilakukan

Dalam merawat hewannya nan dijual, Awang memberikan rumput sebagai makanan utamanya. Rumput nan didapat berasal dari ladang milik tetangga. Tidak hanya itu, dia juga terkadang memberikan jejak tahu dan singkong sebagai makanan tambahan. 

“Makannya rumput untuk nan pokoknya. Kalo rumput biasanya saya ambil dari ladang-ladang punya tetangga. Kalo makanan tambahan biasanya saya kasih jejak tahu alias singkong” ucap Awang. 

Untuk menjaga kesehatan hewannya, seorang mantri dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang datang setiap tiga hari sekali untuk memberikan hewan-hewan tersebut pil vitamin. 

“Biasanya, tiga hari sekali tuh ada mantri nan datang dari Balaraja buat kasih vitamin ke hewan-hewan nan dijual di sini. Lebih sering sih lantaran udah mau Lebaran juga,” tutur Awang. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6