Makin Mudah, DANA Bisa Digunakan Jadi Opsi Pembayaran di Singapura

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Berkat kerja sama nan ditekan oleh Bank Indonesia dengan Monetery Authority of Singapore, dompet digital DANA sudah bisa digunakan sebagai perangkat pembayaran di merchant offline alias online di Singapura.

Pasalnya, DANA menjadi salah satu penyedia jasa pembayaran nonbank pertama nan mendukung inisiatif Bank Indonesia untuk menciptakan sistem pembayaran ASEAN nan terhubung dan interoperable.

Kini, masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi DANA sebagai opsi pembayaran ritel ketika mereka mengunjungi Singapura untuk melakukan pembayaran di merchant Singapura melalui QR NETS. Sebaliknya, masyarakat Singapura nan mengunjungi Indonesia juga dapat melakukan pembayaran di merchant DANA melalui QRIS.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara mengungkapkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Bank Indonesia nan terus mempercayakan DANA sebagai dompet digital pertama untuk turut serta menjadi peserta launching nan mengimplementasikan QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, ialah Thailand, Malaysia, dan sekarang Singapura.

"Dalam menghadirkan pembayaran lintas negara ini, DANA telah menyiapkan keamanan berlapis dan memastikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi digital," ungkapnya.

"Tidak hanya itu, ekosistem terbuka nan kami miliki juga bakal membuka kesempatan bagi banyak UMKM nan telah menjadi mitra kami, untuk mendapatkan perhatian visitor mancanegara dan meningkatkan transaksinya di kemudian hari. Misi kami dalam menyediakan pembayaran dan jasa finansial secara digital terus diperluas aksesnya bagi seluruh Masyarakat Indonesia," jelas Vince.

Teknologi Berlapis

Dalam aspek keamanan, DANA menggunakan teknologi berlapis dan terdepan di kelasnya. Misalnya, DANA menggunakan metode pengamanan bertransaksi nan beragam mulai dari PIN, OTP, hingga autentikasi wajah ialah DANA VIZ.

DANA juga mempunyai sertifikasi keamanan dunia seperti sertifikasi ISO 27001:2013 nan mencakup perlindungan terhadap keamanan info pengguna dan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk pembayaran menggunakan kartu.

Dalam kemudahan dan kenyamanan bertransaksi digital lintas negara, DANA menghadirkan pengalaman bertransaksi digital nan paling intuitif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jaminan perlindungan pun diaplikasikan secara menyeluruh mulai dari pencegahan hingga penyelesaian.

Layanan pengguna DANA datang setiap saat guna memberikan solusi nan sigap untuk setiap hambatan nan dialami masyarakat. Seluruh upaya tersebut merupakan bentuk komitmen DANA sebagai penyedia jasa pembayaran digital nan terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berbagai upaya nan diterapkan DANA, sekarang ikut berkapak positif pada pertumbuhan pembayaran lintas negara di dua negara terdahulu, ialah Thailand dan Malaysia. DANA mencatat pertumbuhan transaksi lintas negara nan signifikan ialah hingga mencapai tujuh kali lipat sejak bulan April hingga Oktober 2023.

DANA pun optimistis pertumbuhan nan berkepanjangan tetap bakal terus berlangsung, seiring dengan meluasnya negara-negara ASEAN nan berperan-serta dalam pembayaran lintas negara.

Dorong Keuangan Digital

Baru-baru ini, Bank Indonesia menekan kerja sama dengan Monetary Authority of Singapore untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan finansial digital dan meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Singapura. Kerja sama tersebut juga diharapkan dapat membawa faedah bagi kedua negara, terutama memperluas akses pelaku usah kedua negara serta memajukan sektor pariwisata.

Dengan adanya kerja sama tersebut, masyarakat nan melakukan perjalanan ke Singapura dan Indonesia dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS alias QR Network fo Electronic Transfers Singapore (NETS) di setiap merchant offline dan online.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa interkoneksi pembayaran QR lintas pemisah antara Indonesia dan Singapira bakal mendorong pembayaran antar negara nan lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM.

"Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara personil ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC) dan penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran nan lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat," ungkapnya.

(*)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6