Macet Horor ke Pelabuhan Ciwandan, Truk Antre hingga 12 Jam

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon terjadi sejak Selasa sore hingga Rabu pagi di jalur menuju Pelabuhan Ciwandan nan tampak dipenuhi truk nan hendak menyeberang ke Sumatera.

Salah seorang pengemudi truk Hendro, di Cilegon, Banten, Rabu, mengatakan telah terjadi kemacetan sejak Selasa pukul 18.00 WIB hingga Rabu pukul 06.00 WIB. Ia belum dapat naik ke kapal.

"Udah dari sore saya disini sekitar jam 6 sampe jam 6 pagi belum naik kapal juga," katanya dikutip dari Antara, Rabu (3/4/2024).

Untuk tahun-tahun sebelumnya Hendro mengatakan tetap menggunakan kapal dari Pelabuhan Merak untuk ke Sumatera. Dengan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan, menurut dia, lebih merepotkan pengemudi, lantaran akses menuju Ciwandan dinilai lebih jauh daripada ke Pelabuhan Merak.

Kemacetan Panjang

Terkait kemacetan panjang tersebut, perihal ini dinilai merugikan bagi pengemudi baik dari segi waktu maupun biaya.

"Pasti ada kerugian, kerugiannya pasti nambah lagi duit makan kita kan, belum waktu kita juga lantaran kita dikejar-kejar sasaran ini mau nganterin besi kudu cepet dikirim," katanya.

Menurut dia, kemacetan ini sering kali terjadi pada saat mudik Lebaran, sehingga dia berambisi kepada pemangku kebijakan agar dapat mencari solusi dan dilakukan penguraian kemacetan menuju Pelabuhan Ciwandan.

"Udah sering macet gini terus, jika kitakan bisa apa ya hanya bisa pasrah aja nunggu di sini. Makanya kita berharaplah ini ada solusinya biar kita juga bisa tepat waktu," katany

Selain untuk truk, pada arus mudik tahun ini, Pelabuhan Ciwandan kembali difungsikan untuk mengangkut pemudik menggunakan sepeda motor. Namun kepadatan pemudik menggunakan sepeda motor hingga saat ini tetap belum terpantau ramai di Pelabuhan Ciwandan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

11 Dermaga di Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ Disiapkan untuk Mudik Lebaran

Sebanyak 11 dermaga di Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ disiapkan untuk mudik lebaran. 

"Dari Jawa itu ada 11 dermaga di tiga pelabuhan, dari mulai Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (4/3/2024).

Sementara pembagian penyeberangan telah disusun berasas jenis-jenis kendaraan masing-masing. "Jadi untuk Ciwandan, kelak kita bakal gunakan unik untuk roda dua dan kendaraan truk nan dikecualikan nan golongan 6-7, itu di Ciwandan," ungkapnya.

"Kemudian untuk golongan 8 ke atas, itu di (Pelabuhan BBJ). Sehingga nan lain (kendaraan golongan 1-5) ada di Merak," tambahnya.

Ia pun memastikan sarana dan prasarana di Pelabuan Ciwandan memadai untuk para pemudik.

"Kesiapan sarana prasarana nan ada di Ciwandan baik itu sarana umum, misalnya toilet kemudian untuk tempat istirahat, tenda dan sebagainya sudah kita persiapkan dengan baik," tegasnya.

99 Ribu Motor Diprediksi Nyebrang Pelabuhan Ciwandan

Selain itu, Slamet juga memprediksi sebanyak 99 ribu motor bakal menyeberang dari Pelabuhan Ciwandan saat mudik lebaran. 

"Dari tahun lampau sebesar 99 ribu untuk kendaraan roda 2, itu kita prediksi kemungkinan bisa sama," sebutnya.

Meski begitu, untuk jumlah tersebut nantinya sudah bisa diantisipasi dengan baik dan adanya penambahan jumlah kapal.

"Untuk kapabilitas pelabuhan sudah bisa kita antisipasi, demikian juga kesiapan kapal alias dermaga, kapal-kapal nan bakal mengangkut ada 33 nan sudah siap operasional, dan ada cadangan-cadangan nan dipersiapkan," paparnya.

Diketahui, untuk pemotor nan bakal menyebrang dari Jawa menuju Sumatera bakal diarahkan melalui Pelabuhan Ciwandan saat masa mudik Lebaran 2024. Begitu pula dengan truk golongan VI dan VII.

Sementara itu, untuk mobil mini golongan I-V bakal diarahkan melalui Pelabuhan Merak. Lalu untuk truk golongan VII-IX melalui Pelabuhan BBJ.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6