London Jadi Tuan Rumah League of Legends Worlds 2024, Final Digelar di O2 Arena

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sukses dengan League of Legends (LoL) World Championship alias Worlds 2023, Riot Games mengumumkan bahwa Worlds 2024 bakal digelar di London, Inggris.

Perusahaan mengungkapkan, untuk Final dari Worlds 2024 sendiri dijadwalkan digelar di The O2, pada musim gugur tahun depan.

"Kami sangat antusias untuk membawa World Final ke Inggris untuk pertama kalinya, kata Naz Aletaha, Global Head of LoL Esports, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (23/11/2023).

"Worlds adalah seremoni dunia atas League of Legends terbaik, dan kekayaan sejarah London dan kota metropolitan modern adalah latar belakang sempurna untuk panggung terbesar di bumi olahraga."

Menurut Aletaha, mereka kagum atas semangat dan daya dari para fans LoL selama Mid-Season Invitational alias MSI 2023.

Turnamen MSI 2023 digelar di Copper Box Arena London, nan berlokasi di Queen Elizabeth Olympic Park. Riot Games menyebut, aktivitas ini mengalami peningkatan penayangan dari tahun ke tahun hingga 58 persen, dibandingkan MSI 2022.

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah dari Worlds adalah di Quarterfinals 2015, nan dilaksanakan di SSE Arena di Wembley, alias sekarang dikenal sebagai OVO Arena Wembley.

The O2 merupakan venue dengan kapabilitas tempat duduk tertinggi kedua di Inggris, serta sering jadi tempat pertunjukkan dari artis dan band terkenal, termasuk Adele, Beyonce, dan U2.

Selain itu, sejumlah aktivitas olahraga besar termasuk NBA dan pertandingan tenis ATP, juga pernah dilangsungkan di O2 Arena. Struktur kubah besar berdiameter 365 meter di O2, menjadikannya sebagai salah satu nan terbesar di dunia.

Penggemar Esport khususnya game League of legends pasti tahu dengan Faker, gamer nan sudah mendunia dan melegenda. Faker datang di Jakarta dalam gelaran ujicoba esports di Asian Games 2018.

Disambut Baik Pemerintah Kota London

Akan digelarnya Worlds 2024 pun disambut baik oleh Wali Kota London Sadiq Khan.

"London adalah tujuan utama esports, dan sungguh luar biasa kami bisa menjadi tuan rumah League of Legends World Championship Finals tahun depan," kata Khan.

Khan juga mengatakan, penyelenggaraan Worlds 2024 di London juga bakal mempertemukan para fans esports dari seluruh dunia, serta menjadi showcase dari industri gim di sana.

"Saya bakal terus melakukan semua nan saya bisa untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan esports di London, seiring kami membangun London nan lebih baik untuk semua orang," dia menambahkan.

Riot Games belum mengungkapkan tanggal, kota, dan letak penyelengaraan Worlds 2024 lainnya. Penjualan tiket Final Worlds 2024 nan bakal diadakan pada 2 November 2024, juga bakal diumumkan ke depannya pada tahun 2024.

T1 Juara League of Legends Worlds 2023

Tim League of Legends Korea Selatan, T1 sebelumnya sukses menjadi juara dari Worlds 2023.

Gelar keempat dari T1 di Worlds 2023 ini diraih usai mereka mengalahkan Weibo Gaming asal Tiongkok, di Grand Final pada Minggu (19/11/2023) kemarin.

Grand Final Worlds 2023 nan digelar di Korea Selatan sendiri dilakukan dengan format Best-of-5 (BO5), namun Weibo Gaming tampak kesulitan mengimbangi permainan T1. Hasilnya, Faker dkk keluar sebagai pemenang League of Legends Worlds 2023 dengan skor telak 3-0.

Mengutip Sportskeeda, pada Worlds 2023, T1 berhasil memenangkan setiap pertandingan nan melawan perwakilan LPL (League of Legends Pro League).

T1 juga mengalahkan empat tim Tiongkok lainnya, Bilbili Gaming di Swiss Stage, LNG Esports di Quarterfinal, JD Gaming di Semifinal, dan Weibo Gaming di Grand Final.

Dalam Grand Final ini, T1 diisi oleh Zeus sebagai Top Laner, Oner sebagai Jungler, Faker sebagai Mid, Gumayusi sebagai Bot, dan Keria di posisi Support.

Zeus, alias berjulukan original Choi Woo-je, mendapatkan gelar MVP dalam pertandingan final ini.

Gelar ke-4 Buat Faker dan T1

Selain untuk T1, ini jadi gelar keempat buat Faker alias berjulukan original Lee Sang-hyeok. Karirnya sudah dimulai pada tahun 2013, di mana T1 sebelumnya tetap memakai nama SK Telecom T1.

Kala itu, di usia 17 tahun, pro player nan dikenal dengan julukan Unkillable Demon King ini sudah meraih kemenangan pertamanya di League of Legends Worlds 2013. Di skena LOL pun banyak nan memberikannya gelar GOAT (Greatest of All Time).

Dikutip dari Liquipedia, T1 sudah meraih gelar juara pertama di empat musim LOL World Championship ialah 2013 (sebagai SK Telecom T1 K), 2015, 2016, dan 2023. Pada Worlds 2022, T1 kudu mengakui kelebihan dari dari DRX di babak Grand Final dengan skor 3-2.

Kemenangan di Worlds 2023 membikin T1 sukses membawa pulang duit bingkisan senilai USD 445.000 (sekitar Rp 6,8 miliar).

Upacara pembukaan Grand Final Worlds 2023 juga dimeriahkan oleh sejumlah penampilan, salah satunya adalah dari NewJeans dan Heartsteel nan melibatkan Baekhyun EXO.

Heartsteel di sini menampilkan lagu pertama mereka ialah PARANOIA, sementara NewJeans menyanyikan lagu tema dari Worlds 2023, GODS.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6