Kemudahan Akses Lahan Hulu Migas Dukung Kemandirian Energi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kemudahan akses bagi eksplorasi dan pemanfaatan hulu migas, termasuk lahan dan perizinan, memegang peran krusial dalam mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Ini dikatakan Pengamat ekonomi Ryan Kiryanto. Dia menilai Ketahanan dan kemandirian daya tersebut, dikatakan bakal berakibat positif pula terhadap penghematan devisa nan sangat signifikan.

"Ya, pemerintahan pusat dan wilayah berkedudukan krusial dalam kemudahan akses lahan dan perizinan. Kemudahan tersebut bakal berakibat positif terhadap peningkatan produksi migas, sehingga bisa menciptakan kemandirian dan ketahanan daya nasional," jelas dia melansir Antara di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Oleh karena itu, dikatakan, jika saat ini tetap terdapat beberapa hambatan bagi kemudahan akses eksplorasi dan pemanfaatan hulu migas, tentu kudu segera dibenahi, termasuk di dalamnya persoalan lahan dan perizinan.

Menurut Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) itu, kemudahan perizinan dan support pemerintah pusat dan daerah, bakal membuka kesempatan eksplorasi dan pemanfaatan nan agresif, misal seperti dilakukan PT Pertamina Hulu Energi sebagai Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero).

"Dibarengi dengan pengembangan daya baru dan terbarukan (EBT), tentu peningkatan produksi migas antara lain oleh PHE, pada akhirnya bakal mendukung pula kemandirian daya nasional," kata Ryan.

Dia mengatakan, produksi migas nan terus meningkat, tentu bisa memberikan nilai tambah kepada negara, termasuk di antaranya mengurangi beban impor minyak, peningkatan pendapatan negara dari migas, dan multiplier pertumbuhan ekonomi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6