Kemenkumham Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024, Klik Link catar.kemenkumham.go.id

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka pendaftaran calon taruna (catar) sekolah kedinasan 2024. Pendaftaran dilakukan secara online sejak 15 Mei hingga 14 Juni 2024.

Pembukaan seleksi catar ini telah diresmikan melalui surat Pengumuman No. SEK-KP.02.04-167 nan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto. Pengumuman ini dapat diakses pada laman https://catar.kemenkumham.go.id/

Andap menjelaskan pendaftaran dibuka untuk susunan umum dengan pendidikan SLTA/sederajat, serta susunan pegawai bagi mereka nan telah diangkat menjadi pegawai Kemenkumham sebelumnya. Peserta dapat memilih dari antara dua sekolah kedinasan Kemenkumham, ialah Politeknik  Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

"Kami membujuk anak-anak nan mau belajar dan mengabdi bagi bangsa. Ini kesempatan baik nan dapat dimanfaatkan untuk menjadi bagian dari family Kemenkumham," kata Andap, Rabu (15/5/2024).

Peserta nan mau mendaftar kudu memenuhi sejumlah persyaratan. Untuk susunan umum, peserta kudu mempunyai pendidikan SLTA/sederajat, usia 17-23 tahun, tinggi badan laki-laki minimal 170 cm, tinggi badan wanita minimal 160 cm, serta beberapa persyaratan kesehatan lainnya sesuai pengumuman resmi.

Untuk susunan pegawai, peserta berumur maksimal 25 tahun, mempunyai surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi, mempunyai penilaian keahlian baik, tidak sedang dalam balasan disiplin, serta persyaratan bentuk dan kesehatan seperti susunan umum.

"Perhatikan setiap persyaratan, persiapkan dokumen-dokumen nan diperlukan. Jangan sampai peserta tidak lulus lantaran kesalahan arsip manajemen nan tidak sesuai," pesan Andap.

Peserta bakal melewati rangkaian proses seleksi, nan meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan seleksi lanjutan. Seleksi lanjutan ini berupa tes kesehatan dan pengamatan fisik, tes kesamaptaan, tes psikologi, serta wawancara dan keterampilan.

Andap membujuk para peserta untuk memantau info terkini mengenai seleksi catar melalui kanal-kanal resmi Kemenkumham. Peserta dapat mengakses info di laman https://catar.kemenkumham.go.id, alias https://kemenkumham.go.id. Selain itu, Kemenkumham menyediakan kanal media sosial catar di X (Twitter) @catarkumham, juga akun IG @catar.kumham dan @kemenkumhamri.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Link Daftar Sekolah Kedinasan 2024, Dibuka Hari Ini!

Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 dibuka mulai hari ini 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Hal ini seperti dikutip dari laman dikdin.bkn.go.id/. Adapun pendaftaran sekolah kedinasan 2024 ini bisa dilakukan melalui link SSCASN BKN yaitu dikdin.bkn.go.id.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi dengan sistem ikatan dinas nan berada di bawah naungan kementerian dan lembaga pusat. Sedikitnya ada 39 sekolah kedinasan nan lulusannya bisa menjadi CPNS setelah lulus.

Dalam laman tersebut, Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 14 Mei 2024 kemarin. Kemudian dilanjutkan dengan masa Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 15 Mei sampai 13 Juni 2024.

Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) bakal dilaksanakan pada 18 Juli - 6 Agustus 2024. Selanjutnya, penyelenggaraan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Portal SSCASN BKN

"Seleksi sekolah kedinasan 2024 dibuka untuk 8 kementerian/lembaga penyelenggara sekolah kedinasan. Insya Allah pengumuman bakal dilakukan mulai 14 Mei 2024. Peserta dapat mulai mendaftar 15 Mei 2024 melalui portal SSCASN yg dimiliki oleh BKN," ujar Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto beberapa waktu lalu.

Pasca pendaftaran, Haryomo melanjutkan, seleksi kompetensi dasar bakal diselenggarakan di 36 titik letak mulai 18 Juli-6 Agustus 2024. "Itu dilaksanakan sebanyak 4 sesi per hari. Kecuali untuk Jumat dilaksanakan hanya 2 sesi lantaran adanya Sholat Jumat," imbuhnya.

Siapkan Dokumen 

Haryomo juga mengingatkan calon pelamar Sekolah Kedinasan 2024 untuk dapat mempersiapkan arsip pendaftaran sesuai regulasi. Semisal pas foto, KTP, Kartu Keluarga, piagam terakhir, dan arsip lainnya.

"Sementara info mengenai syarat pendaftaran lainnya dapat memandang di masing-masing website sekolah kedinasan lembaga alias pada SSCASN," imbuh dia.

Ini Kisi-kisi Lolos Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan

Badan Kepegawian Negara (BKN) bakal mengumumkan susunan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) alias CPNS jalur sekolah kedinasan pada 14 Mei 2024, dimana pendaftaran mulai dibuka pada 15 Mei 2024.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyatakan, para calon pendaftar seleksi hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan untuk bisa mengikuti proses ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT).

"Tolong berhati-hati betul pada saat memilih. Pastikan betul, jangan sampai sudah final baru berganti. Kalau sudah final malah melakukan pergantian, maka bakal dinyatakan gugur," kata Suharmen, Senin (13/5/2024).

Ujian sekolah kedinasan ini nantinya bakal sama seperti seleksi CASN/CPNS 2024, melalui Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk tiga jenis, ialah Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Karakteristik Pribadi

Untuk TKP berjumlah 45 soal dengan nilai periode pemisah 156 dan nilai kumulatif tertinggi 225. Perhitungan nilai tertinggi ialah +5 untuk satu soal, paling rendah +1, DNA tidak menjawab +0.

"Di TKP tidak ada nilai 0 jika menjawab, paling tidak +1. nan dilihat (jadi penilaiank kecenderungan bersangkutan. Kita tidak bisa melihat/menilai kecenderungan pribadi, tapi gimana pelayanan pada masyarakat," terang Suharmen.

Sementara untuk TIU bakal mempunyai jumlah soal 35, dengan nilai periode pemisah 80 dan nilai kumulatif tertinggi 175. Sedangkan TWK berjumlah soal 30 dengan nilai periode pemisah 65 dan nilai kumulatif tertinggi 150.

Perhitungan nilai untuk tiap soal pada kedua tes tersebut, ialah +5 untuk jawaban benar, +0 untuk jawaban salah, dan +0 untuk tidak menjawab.

Adapun total lama penyelenggaraan tes untuk TKP, TIU dan TWK masing-masing 100 menit.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6