Kasih Diskon Tarif Tol 20 Persen saat Mudik Lebaran 2024, Jasa Marga Mau Tambah Lagi?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan potongan nilai tarif tol pada momen mudik Lebaran 2024. Kali ini diterapkan potongan nilai sebesar 20 persen.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, ini jadi satu kemudahan nan diberikan. Lantas, apakah besaran potongan nilai bisa bertambah lebih besar?

Lisye tak berkomentar banyak ketika ditanya kemungkinan pemberian potongan nilai tarif tol lebih besar. Dia hanya menegaskan Jasa Marga memberikan potongan nilai sebesar 20 persen dan tak ada perubahan.

"Jasa Marga sejak awal memberlakukan potongan tarif tol sebesar 20 persen, tidak ada nan berubah," ucap Lisye kepada Liputan6.com, Rabu (3/4/2024).

Perlu diketahui, Jasa Marga berbareng golongan usahanya beserta sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya di Jalan Tol Trans Jawa mulai memberlakukan potongan tarif sejak 3-5 April 2024 mendatang. Ini dimulai pada 05.00 WIB pagi tadi.

Potongan tarif tol 20 persen tersebut hanya bertindak untuk perjalanan menerus dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik.

Lisye menekankan, tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari terkonsentrasi satu titik waktu pada puncak arus mudik nan diprediksi jatuh pada Sabtu, 6 April 2024.

"Hal nan krusial untuk diingat oleh pengguna jalan adalah potongan tarif hanya bakal bertindak jika transaksi dilakukan dengan menggunakan duit elektronik (e-toll). Potongan tarif tidak bertindak andaikan transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi alias tidak terbaca asal dan golongan kendaraan,” ujar Lisye.

"Untuk itu sebelum memulai perjalanan, sekali lagi pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I nan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Kalikangkung untuk menghindari antrean di gerbang tol,” dia menambahkan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Semua Golongan Kendaraan

Lisye menyebut, potongan tarif 20 persen bakal diberlakukan bagi semua golongan kendaraan. Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan bakal melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group di antaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non Jasa Marga Group di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

"Pemberlakuan potongan tarif tol bakal dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar ialah di GT Kalikangkung pada periode arus mudik alias GT Cikampek Utama pada periode arus kembali sesuai dengan tanggal dan waktu nan telah ditentukan," kata dia.

"Sehingga potongan tarif menjadi tidak bertindak andaikan pengguna jalan _tap out_ pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melampaui pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan pada arus mudik dan arus kembali sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20 persen," dia menambahkan.

Rincian Tarif Diskon

Besaran potongan tarif tol 20 persen untuk tarif perjalanan menerus arus mudik dari Jakarta menuju Semarang (hanya bertindak pada Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB, hanya untuk asal GT Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung). Rinciannya;

Kendaraan Golongan I: Semula Rp400.000 menjadi Rp320.000, potongan tarif sebesar Rp80.000

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp617.500 menjadi Rp494.000, potongan tarif sebesar Rp123.500

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp813.500 menjadi Rp650.800, potongan tarif sebesar Rp162.700

Potongan tarif tol 20 persen bakal kembali bertindak pada periode arus kembali Hari Raya Idul Fitri 1445/Tahun 2024 ialah mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta (hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama) dengan besaran tarif sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Semula Rp421.500 menjadi Rp337.200, potongan tarif sebesar Rp84.300

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif sebesar Rp129.900

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif sebesar Rp171.300

Jasa Marga Siap Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya diberitakan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana untuk memberikan diskon tarif tol pada musim Mudik Lebaran 2024. Pemberian diskon tarif tol di mudik kali ini sesuai dengan permintaan pemerintah.

"(Terkait) potongan tarif tol, jadi asosiasi jalan tol sudah berkirim surat ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Fitri Wiyanti, dalam konvensi pers Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024 di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Sayangnya, Fitri enggan mengungkapkan besaran potongan nilai tarif tol nan bakal diberikan pada saat seremoni mudik Lebaran tahun ini. Termasuk ruas-ruas jalan tol nan bakal menerapkan potongan nilai tarif tol bagi pengguna.

"Kami bakal memberikan jawaban rencananya kelak memang dari asosiasi bakal melakukan pers release gitu ya. Nanti bakal disampaikan besaran potongan tarif tol, ruas nan bakal diberlakukan, kemudian periode waktunya di tanggal berapa aja," beberapa Fitri.

Saat ini, masing-masing pengelola ruas jalan tol tetap menghitung besaran potongan nilai tarif tol nan bakal diberlakukan saat mudik lebaran. Selanjutnya, pengelola ruas jalan tol juga kudu melaporkan besaran potongan nilai tarif kepada ke badan upaya jalan tol (BUJT).

"Saat ini, tetap proses di asosiasi jalan tol mengungkapkan info dari seluruh BUJT nan ruasnya bakal dilakukan potongan tarif tol. Karena mereka kudu berbilang dan izin ke stakeholder nya juga ya pak," tegas Fitri.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6