Jokowi Resmikan 2 Bandara di Papua Hari Ini, Intip Penampakannya

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo alias Jokowi siap meresmikan dua airport nan berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN) di Papua, ialah Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat.

"Kita sudah membangun airport nan elok dan keren di Papua. Insya Allah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi Kamis, 23 November 2023," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis (23/11/2023).

Menhub menjelaskan, kedua airport tersebut merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dan wilayah untuk saling melengkapi.

"Pemerintah wilayah telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Kemudian, pemerintah pusat nan melakukan pembangunan baik terminal, runway dan akomodasi lainnya," tuturnya.

Mobilitas Masyarakat

Dengan kehadiran dua airport ini, diharapkan dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak.

"Kami minta support pemda untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan airport ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai," kata Menhub.

Adapun kedua airport tersebut dibangun pada tahun bersamaan. Bandara Siboru dibangun pada periode 2020-2023. Sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun sejak 2020-2022.

Pembanguan Rampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan dua airport di Papua, Kamis 23 November 2023, besok. Menyusul kesiapan dua airport tersebut nan sudah rampung pembangunannya.

Hal ini diungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau dua airport tersebut. Yakni, Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak Papua Barat

“Kita sudah membangun bandara yang elok dan keren di Papua. Inshaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok (Kamis, 23/11),” ujar Menhub di Nabire, Papua, mengutip keterangan resmi, Rabu (22/11/2023).

Menhub Budi menjelaskan, kedua airport tersebut merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dan wilayah untuk saling melengkapi. Dengan kehadiran dua airport ini, diharapkan dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak

“Pemerintah wilayah telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Kemudian, pemerintah pusat nan melakukan pembangunan baik terminal, runway dan akomodasi lainnya," katanya.

"Kami minta support pemda untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan airport ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” ucap Menhub Budi.

Informasi, Bandara Siboru dibangun mulai tahun 2020 s.d 2023. Sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun mulai tahun 2020-2022.

Turut datang pada aktivitas tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadi, penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapolda Papua Barat Irjen. Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, serta Arsitek Bandara Siboru Andra Matin. 

Kunjungan Jokowi ke Papua

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua, Rabu (22/11/2023). Jokowi mengecek stok beras nan ada di Komplek Pergudangan Bulog Mandala, Papua.

Berdasarkan siaran pers, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta sekira pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Usai menempuh penerbangan selama 4 jam dari Jakarta, Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, sekira pukul 16.10 WIT.

Setibanya di bandara, Jokowi disambut oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Pangkoopsud III Marsda TNI Donal Kasenda, dan Danlanud Manuhua Marsma TNI Yostariza.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6