Jauh Lebih Efisien, Pelabuhan Indonesia Masuk Daftar 20 Terbaik Dunia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bongkar muat di pelabuhan semakin efisien dari waktu ke waktu. Ini disebut jadi buah dari proses transformasi nan dilakukan pada PT Pelabuhan Indonesia alias Pelindo.

Erick Erick Thohir menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 3 tahun lampau meminta pelabuhan di tangan BUMN menjadi bergengsi dunia. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi dan mendorong penurunan biaya logistik nasional.

Langkah itu diawali dengan melakukan konsolidasi terhadap Pelindo I, II, III, dan IV menjadi Pelindo. Erick Thohir menegaskan pelabuhan di Indonesia sekarang menjadi salah satu pelabuhan terbaik dengan urutan 20 besar bumi dari semua pelabuhan di Asia Tenggara.

“Kita sudah menyaksikan hari ini misalnya bongkar muat nan tadinya 34 box sudah menjadi 20 box, nan tadi di sampaikan perlu berhari-hari dengan rata-rata 38 jam sekarang sudah menjadi 22 jam. Artinya ini percepatan nan luar biasa," ujar Erick dalam Peresmian Makassar New Port, di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

"Kami juga terus menata 122 pelabuhan nan ada di Indonesia melalui monitoring system pelabuhan di Indonesia Timur nan terintegrasi dengan Jakarta,” imbuhnya.

Menteri BUMN Erick Thohir turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meresmikan Makassar New Port (MNP), sebuah pelabuhan besar di area Indonesia Timur. Pembangunan MNP ini disebut menelan investasi sebesar Rp 5,4 triliun.

Erick mengatakan, keseluruhan nomor itu ditanggung oleh PT Pelabuhan Indonesia alias Pelindo. Bahkan, dia menyebut, nilai investasi ini bakal bertambah seiring berlanjutnya proses pengadaan di Makassar New Port. Erick turut mengapresiasi kondisi finansial Pelindo nan semakin sehat pasca transformasi.

“Kita terus konsolidasikan dari segi finansial Alhamdulillah keuntungan (Pelindo) Rp 3,9 triliun dan investasi Proyek Strategis Nasional ini berdikari dari Pelindo sendiri senilai Rp 5,4 triliun dan terus berjenjang sampai Rp 10 triliun,” ungkap Erick dalam peresmian Makassar New Port, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6