iOS 18 Bakal Hadirkan 2 Fitur AI Baru, Yuk Cari Tahu di Sini!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple makin bersiap untuk merilis fitur AI di update iOS 18 terbaru. Kabarnya, pembaruan tersebut bakal diperkenalkan di pagelaran WWDC 2024 mendatang.

Menurut laporan Apple Insider, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Selasa (14/5/2024), iOS 18 bakal menghadirkan fitur kepintaran buatan (AI) berupa transkripsi audio nan ditingkatkan, serta ringkasan berbasis AI ke iPhone.

Saat fitur AI tersebut dirilis ke publik, pengguna bakal bisa mengakses fitur transkrip dari audio rekaman menjadi teks secara bersamaan.

Voice Memos nan terdapat di jejeran perangkat Apple bakal menjadi aplikasi pertama nan bakal mendapatkan peningkatan fitur AI. Versi awal dari aplikasi ini bakal menghadirkan fitur transkrip langsung saat merekam audio.

Fitur transkrip ini nampaknya juga bakal diterapkan Apple di aplikasi Notes. Versi pra-rilis kedua aplikasi ini menghadirkan tombol transkripsi unik nan menyerupai gelembung ucapan.

Saat pengguna mengetuk gelembung ucapan nan tampil, maka bakal muncul transkrip dari rekaman audio nan direkam dalam aplikasi Notes.

Alat transkripsi bakal melengkapi fitur perekaman audio di aplikasi Notes. Selain itu, terdapat pula fitur ringkasan audio rekaman berbasis AI.

Dengan fitur peringkasan AI, serta rekaman audio dalam aplikasi baru dan opsi transkripsi langsung, Notes diharapkan bakal menjadi aplikasi nan banyak dipakai pengguna.

Misalnya, siswa dapat dengan mudah merekam perkuliahan dan kelas langsung dari aplikasi Notes tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Saat merekam di aplikasi Notes nan ditingkatkan, pengguna bakal mempunyai opsi untuk menyertakan transkripsi dan ringkasan dalam catatan, berbareng dengan media lain seperti gambar, tautan, tabel, dan lain sebagainya.

Fitur transkripsi dan ringkasan nan bakal datang hanyalah sebagian dari fitur AI Apple nan bakal menjadi gebrakan di tahun ini.

Terdapat rumor lain nan bakal menggunakan algoritma kepintaran buatan pada update iOS 18, seperti Intelligent Search di browser Safari, serta fitur AI nan dapat merangkum teks di website nan dikunjungi.

Dilansir dari Forbes, berita Apple bakal meluncurkan iOS 18 dengan AI semakin kuat. Fitur AI ini bakal diproses seluruhnya secara lokal, dalam ponsel itu sendiri

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Fitur AI Generatif iOS 18

Tak hanya itu, Apple bakal menghadirkan fitur AI generatif baru. Terbaru, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (6/5/2024), bocoran nan diterima Apple Insider dari sumber anonym menyebut jika konsentrasi keahlian AI generatif Apple berasal dari Large Language Model (LLM) Ajax.

Dengan support tersebut, deretan fitur baru bakal dibenamkan Apple di iOS 18. Salah satunya adalah keahlian merangkum teks, baik konten teks nan ada di situs web maupun iMessages.

Secara garis besar, kemampuan iOS 18 ini memungkinkan pengguna mengetahui inti dari teks dalam dokumen, situs web, termasuk percakapan tanpa perlu membaca keseluruhannya. Disebutkan pula, fitur ini dapat diakses melalui Siri.

Selain itu, menurut sumber tersebut, LLM Ajax bakal mengolah prompt nan diberikan pengguna sepenuhnya di perangkat Apple. Jadi, LLM itu tidak bakal mengirimkan info apa pun ke cloud.

Disebutkan, keahlian ini meningkatkan privasi dan kecepatan layanan. Sebab, respons nan diberikan oleh AI generatif bakal bisa muncul dalam hitungan milidetik.

Integrasi AI juga bakal dilakukan dengan sejumlah aplikasi bawaan Apple, termasuk aplikasi kontak dan kalender.

Sementara untuk memberikan respons dari jasa AI berbasis cloud, Apple kemungkinan bakal meminta support dari Google Gemini alias ChatGPT dari OpenAI. Namun sebelum melakukannya, pengguna disebut bakal mendapatkan notifikasi lebih dulu. 

Perombakan Besar iOS 18 di WWDC 2024

Perlu diketahui, Apple dijadwalkan bakal menggelar aktivitas tahunan mereka Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni hingga 14 Junie 2024.

Dalam WWDC 2024 ini, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) bakal menjadi menungkap iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan, iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini bakal dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap info baru tentang fitur baru apa saja nan bakal datang di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple bakal merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut bakal menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan kehadiran iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna semestinya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berfaedah ikon tersebut ditempatkan di luar grid biasa.

Apple Juga Berfokus Kembangkan LLM Sendiri

Apple juga dilaporkan bakal menggunakan LLM-nya sendiri untuk pemrosesan AI tanpa memerlukan hubungan internet.

Laporan dari Bloomberg menunjukkan, fitur AI generatif pertama Apple untuk iPhone bakal diproses di perangkat, bukan di cloud.

AI nan diproses di perangkat dianggap lebih kondusif dan pribadi. Sebab, info tidak kudu keluar dari perangkat, tetapi pemrosesannya memerlukan chipset yang lebih bertenaga.

Berdasarkan laporan nan beredar, Apple disebut-sebut bakal berfokus pada model AI nan dikerjakan di perangkat secara lokal, sembari mencari mitra untuk pemrosesan AI berbasis cloud. Kerja sama dengan perusahaan lain bukan perihal baru bagi Apple.

Sebagai contoh, Google bayar Apple miliaran dolar untuk menjadi mesin pencari default di browser Safari. Selain itu, perusahaan juga berkolaborasi dengan Qualcomm untuk menghadirkan modem 5G di iPhone.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6