InJourney Aviation Services Kerahkan 28 Ribu Pegawai Dukung Mudik Jalur Udara

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pemudik nan bakal memadati airport di Bandara Soekarno Hatta pada tahun ini diprediksi bakal mencapai 188 ribu lebih pada puncaknya H-4 lebaran. Untuk itu, PT Integrasi Aviasi Solusi alias InJourney Aviation Services (IAS) berbareng anak usahanya, secara resmi membuka Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) IAS Group Tahun 2024 di Bandara Soekarno Hata Airport Terminal 3 Domestik.

Posko Gabungan Nasional (PosGabNas) IAS Group Tahun 2024 nan diselenggarakan pada tanggal 1 April 2024 sampai dengan 21 April 2024 itu, dibentuk dalam rangka mensinergikan dan mengkolaborasikan entitas nan ada di dalam IAS Group. Sehingga, dapat melaksanakan pengarahan dari Injourney untuk peningkatan jasa kepada pengguna Jasa Bandara dan Airlines.

“Fokus dari IAS Group adalah peningkatan jasa nan terdiri dari Area Check In Counter, Peningkatan Fibag/Labag, kebersihan toilet, greeting dan tampilan petugas, dan tambahan Apron Bus Elektrik, untuk menambah kenyamanan penumpang,”ungkap Direktur Utama InJourney Aviation Services (IAS), Dendi Danianto, Selasa (2/4/2024).

Dan juga, Posko Gabungan Nasional (PosGabNas) ini sebagai control tower IAS Group untuk memantau kondisi terkini setiap Aircraft & Passanger Touch Point secara real time. Juga mengenai dengan info pergerakan pesawat dan penumpang, baggage handling report, pergerakan GSE untuk peningkatan utilisasi, dan time stamp untuk mengukur ketepatan waktu Fibag/Labag.

“Sehingga, total SDM nan bekerja dalam aktivitas jasa penerbangan di periode peak season di seluruh station alias ada 55 station adalah sebanyak 28.545 orang,” ujar Dendi.

Seperti diketahui, IAS mempunyai 4 portfolio upaya utama, ialah Ground Handling & Cargo Terminal, Logistics, Hospitality dan Operations Support. IAS adalah campuran dari 9 perusahaan nan mempunyai 34.000 karyawan, komitment IAS bakal terus melakukan peningkatan layananpengguna jasa Bandara dan Airlines.

Sementara, aktivitas ini dihadiri oleh Komisaris & Direksi IAS Group, Direksi Angkasa Pura Indonesia, Direksi PT Citilink Indonesia, dan Direksi PT Garuda Indonesia. Usai aktivitas peresmian, manajemen IAS menggelar Apel Gabungan nan diikuti oleh perwakilan tenaga kerja operasional Cabang Bandara Soekarno-Hatta.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Penerbangan Mudik Paling Ramai pada H-4 dan H-3 Lebaran 2024

Sebelumnya, jelang arus mudik lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, lakukan pemantauan kesiapan dan ramp check sejumlah maskapai di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (29/3/2024).

Bersama rombongan, Menhub Budi Karya Sumadi lakukan pengecekan mulai dari Terminal 1, 2 dan 3. Lengkap mengecek landasan dan kondisi pesawat, terutama pada maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia.

 "Hari ini secara unik saya melakukan kordinasi, ramp check pesawat, seperti Garuda Indonesia dan Lion,"ujar Menhub Budi Karya Sumadi, seusai melakukan pengecekan arus mudik Lebaran 2024.

Menurutnya, dari apa nan sudah dirapatkan dan dikordinasikan oleh Kemenhub, AP II dan juga operator pesawat, didapati kebenaran nan menarik. Bila mudik Lebaran pada tahun ini ada peningkatan nan besar, jika dibandingkan dengan periode tahun-tahun sebelumnya.

"Ada peningkatan nan besar. Ada 193 juta nan bakal mudik. Oleh karenanya kudu dipersiapkan secara baik,"kata Menhub.

Sementara untuk pemesanan tiket pesawat juga didapati, jika bakal terjadi peningkatan alias lonjakan penumpang pada H-4 dan H-3 Lebaran 2024. Untuk itu, Menhub mengimbau ada beberapa langkah nan bisa dilakukan operator alias maskapai untuk mengurainya sejak dini.

"Terjadi suatu kebenaran dari pemesan tiket, H-4 dan H-3 ini nan tertinggi. Dengan dasar itu maka kami selaku legulator dan tadi sudah dibahas dengan teman-teman operator untuk melakukan penerbangan dari H-10 sampai ke H-5, bisa dapat potongan nilai alias sebagainya, karna pada saat H-4 itu bisa sangat ramai sekali,"tuturnya.

Sederet Persiapan Kemenhub Hadapi Mudik Lebaran 2024

Kementerian Perhubungan berbareng para operator transportasi telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana transportasi dalam menghadapi mudik Lebaran 2024.

Sejumlah sarana dan prasarana tersebut berupa 30.780 unit bus dan 113 terminal, 213 unit kapal, 8 lintas, 16 pelabuhan dan 50 dermaga, 420 unit pesawat, 51 bandar udara domestik dan 16 bandar udara internasional, 26 kapal penumpang, 107 kapal perintis, 1.208 kapal swasta dan 264 pelabuhan, serta 615 KA antarkota per hari dan 192 stasiun.

“Sarana dan prasarana tersebut disiapkan untuk melayani 71, persen alias 193,6 juta masyarakat Indonesia nan berambisi untuk mudik. Hal tersebut sesuai survei nan dilakukan Badan Kebijakan Transportasi,” kata Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi nan mewakili Menteri Perhubungan dalam Diskusi Publik Kesiapan Jelang Mudik Lebaran 2024, di Jakarta, Jumat (29/3/2024).Dirjen Antoni mengatakan, kuatnya sinergi antar kementerian/lembaga, tersedianya prasarana nan terbangun, serta kesiapan sarana dan prasarana, membikin penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 memberi keceriaan kepada masyarakat seperti halnya semboyan “Mudik Ceria Penuh Makna”.

“Tahun ini pemerintah melalui tema ”Mudik Ceria Penuh Makna” berupaya memberikan keceriaan melalui penyelenggaraan arus mudik nan aman, lancar, dan selamat sehingga memberi makna mendalam bagi seluruh masyarakat,” ujar Dirjen Antoni.

Angkutan Lebaran

Disisi lain, dalam pikulan lebaran kali ini Kemenhub telah melakukan langkah-langkah persiapan antara lain berkoordinasi dengan kementerian/lembaga dan stakeholder mengenai dalam menyusun rencana penyiapan sarana prasarana, pengetesan kelaikoperasian sarana, penyusunan kebijakan teknis dan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, serta melakukan monitoring dan pembentukan posko bersama.

Ia berharap, upaya nan telah dipersiapkan dapat didukung oleh masyarakat dengan mudik lebih awal menggunakan transportasi umum sehingga kepadatan pada puncak arus mudik dapat terurai.

“Untuk menghindari kepadatan puncak arus mudik pada 5-8 April 2024, saya mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal sebelum waktu tersebut. Gunakan pikulan umum alias manfaatkan program mudik cuma-cuma nan disediakan Kementerian Perhubungan alias lembaga lain. Hindari menggunakan sepeda motor lantaran sangat berbahaya," pungkasnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6