Inilah Syarat Agar Perangkat Dianggap AI PC Oleh Windows 11

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Awal tahun ini kita mendapati berita bahwa Microsoft bakal Hadirkan Tombol Copilot di PC/Laptop Windows 11 Baru dimana ini merupakan bagian dari peningkatan Windows 11 dan perangkat AI PC dimasa depan.

Nah meskipun kabarnya Tombol Copilot Tidak Akan Menjadi Bagian Dari Sertifikasi Perangkat Windows, namun Copilot sekarang secara resmi menjadi bagian utama dari sistem operasi Windows dan beragam jasa krusial Microsoft, dimana tentu Copilot memerlukan lebih dari sekedar kombinasi dasar dari CPU dan GPU saja.

Dengan kata lain, AI PC ini bakal berjuntai pada NPU alias Neural Processing Unit untuk menangani tugas AI secara native, dan menurut info nan dibagikan Intel ke The Verge ada beberapa persyaratan nan kudu dipenuhi agar perangkat dianggap sebagai AI PC oleh Microsoft. Apa sajakah itu?

Nah Intel menyampaikan bahwa PC kudu mempunyai setidaknya tiga ketentuan berikut, nan pertama adalah CPU kudu telah bertenga AI dengan NPU seperti misalkan Intel Core Ultra, adanya tombol Copilot terpisah di Keyboard, dan Copilot di sistem operasi nan digunakna, namun seperti nan kita tahu, beberapa PC nan telah dihadirkan pada tahun 2024 ini datang tanpa tombol Copilot, sehingga menimbulkan kekhawatiran apakah perangkat ini masuk ke AI PC alias tidak.

Sementara itu, Copilot sendiri sebenarnya tetap dapat diakses dengan tombol kombinasi Win + C di Windows 10 dan 11, sehingga pada dasarnya tombol khsusus Copilot tidak terlalu diperlukan, apalagi jika kita ingat kembali Tombol Copilot Tidak Akan Menjadi Bagian Dari Sertifikasi Perangkat Windows itu kata Microsoft.

Jadi meskipun tanpa ada tombol Copilot, harusnya selama ada Copilot dan processor telah mendukung NPU, itu sudah dapat dikategorikan sebagai AI PC. Namun kita lihat saja nanti, apakah ada perubahan tambahan nan dihadirkan Microsoft?

Bagaimana menurutmu mengenai perihal ini? komen dibawah guys.

Via : The Verge

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort