Ingat, Tak Boleh Bawa HP dan Rekam Video di Bilik Suara Saat Pemilu 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pemilihan Umum alias Pemilu 2024 bagi masyarakat Indonesia bakal digelar 14 Februari mendatang.

Dalam tiga hari ke depan, masyarakat bisa menggunakan kewenangan suaranya untuk memilih presiden dan wakilnya, personil DPR, personil DPD, personil DPD, personil DPRD provinsi, dan personil DPD kota/ kabupaten.

Namun, ada perihal nan perlu diingat berangkaian dengan patokan di dalam bilik bunyi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Aturan tersebut antara lain adalah larangan bawa HP, bagi pemilih untuk membawa telepon genggam (smartphone) alias perangkat perekam gambar lainnya ke bilik suara.

Hal ini tertera dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Dalam pasal 25 poin e patokan tersebut, panitia TPS perlu "mengingatkan dan melarang Pemilih membawa telepon genggam dan alias perangkat perekam gambar lainnya ke bilik suara."

Selain itu, pemilih juga tidak boleh mendokumentasikan baik itu memotret alias memvideokan kewenangan pilihnya saat di dalam bilik suara. Ini tertera pada pasal 28 poin kedua patokan tersebut.

"Pemilih tidak boleh mendokumentasikan kewenangan pilihnya di bilik suara," tulis patokan tersebut.

Ini Cara Cek DPT Online dan Dokumen nan Wajib Dibawa Saat Pergi ke TPS 14 Februari 2024 |

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6