Indonesia Kekurangan SDM Industri Semikonduktor, Pemerintah Bakal Kirim Mahasiswa ke Jerman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto telah membentuk Satgas Asia Zero Emission Community (AZEC) dan Satgas Penyiapan Ekosistem Semikonduktor. Guna menindaklanjuti pembentukan Satgas ini, Menko Airlangga mengadakan aktivitas audiensi dengan golongan mahir Satgas AZEC dan Satgas Semikonduktor.

Menko Airlangga menjelaskan, Indonesia tengah mengakselerasi tercapainya Visi Indonesia Emas 2045, nan merupakan arah pembangunan ekonomi nasional, dengan cita-cita menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045. Guna mencapai visi tersebut, tiga mesin ekonomi digerakkan berbareng dan berkesinambungan, ialah revitalisasi mesin konvensional, membangun mesin ekonomi baru, dan penyempurnaan mesin ekonomi Pancasila.

Pada mesin ekonomi baru, terdapat konsentrasi percepatan pertumbuhan masa depan nan mencakup penerapan aplikasi digital, pengembangan industri semikonduktor, serta pengembangan ekonomi hijau dan daya terbarukan. Menindaklanjuti visi Indonesia Emas 2045, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian menginisiasi terbentuknya mesin ekonomi baru melalui pembangunan ekosistem semikonduktor.

“Komitmen AZEC sudah matang dan perlu segera ditindaklanjuti melalui terwujudnya beberapa proyek awal. Sementara pada pengembangan industri semikonduktor, langkah pertama untuk masuk pada rantai nilai semikonduktor adalah pengembangan logic design, nan memerlukan SDM nan berkualitas. Namun demikian, upaya peningkatan investasi di bagian semikonduktor juga tetap kudu dijalankan secara paralel,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4/2024).

24 Kerja Sama Proyek Transisi Energi

Dalam pertemuan tersebut, Tim Asistensi Menko Perekonomian Raden Pardede melaporkan perkembangan program AZEC dan pengembangan ekosistem industri semikonduktor. Pemerintah telah menerbitkan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 406 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Asia Zero Emission Community Indonesia nan terdiri dari Pengarah, Tim Pelaksana, dan Kelompok Ahli.

Sebelumnya pada KTT AZEC pada November 2023, telah terjalin 24 kerja sama proyek transisi daya antara Indonesia dengan Jepang nan dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU). Kerja sama tersebut meliputi training mempromosikan transisi energi, waste to energy, dekarbonisasi, pengembangan transmisi listrik, geotermal, dan amonia hijau.

Pada Satgas Semikonduktor, tugas golongan mahir tertuang dalam Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 16 Tahun 2024. Untuk mengejar terwujudnya industri semikonduktor nan menjadi bagian dari rantai pasok semikonduktor global, Pemerintah bakal menerapkan strategi ganda, ialah penyiapan SDM serta menarik investasi nan bakal dilakukan secara paralel.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6