INABUYER B2B2G Expo 2024 Digelar, Pertemukan Buyer Internasional dengan UMKM

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta INABUYER B2B2G Expo 2024 resmi dibuka hari ini oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua LKPP Hendrar Prihadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman, dan Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah.

Expo ini merupakan kerjasama antara Kementerian Koperasi & UKM, LKPP, HIPPINDO, Smesco, serta inisiatif dari Spectindo.

INABUYER B2B2G Expo adalah wadah nan mempertemukan buyer dari sektor swasta, BUMN, pemerintahan, hingga buyer internasional untuk melakukan business matching, networking, dan penandatanganan perjanjian secara langsung dengan Koperasi dan UMKM.

Event ini unik lantaran menyediakan platform di mana buyer dapat menunggu kehadiran supplier, mempercepat proses pengadaan dengan menemukan produsen alias supplier lokal nan berkualitas.

Menurut Jerry Sambuaga, Inabuyer merupakan salah satu upaya untuk memajukan perekonomian agar bisa naik kelas.

"Pertumbuhan ekonomi saat ini stabil di kisaran 5 persen, tidak pernah dibawah 4 persen perihal ini didukung juga oleh semua pihak. Dengan memajukan produk-produk kudu dengan banyak koordinasi salah satunya melalui program Inabuyer ini, Hippindo dan team mempertemukan pemilik produk lokal dengan buyernya.” ujarnya.

Pada tahun 2023, INABUYER telah mencatatkan nilai potensi kerjasama sebesar Rp 1,003 triliun, dengan 5.613 pengunjung, 102 booth supplier, 82 booth buyer, dan dihadiri oleh 32 kementerian/lembaga.

Event ini mendukung Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

Selain itu, juga mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), serta beragam kebijakan nan mendorong penggunaan produk lokal sebagai substitusi impor.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6