Huawei Matebook X Pro Tawarkan Bodi Ultra Tipis dan Performa Gahar, Siap Tantang MacBook Air

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Huawei resmi merilis laptop MateBook X Pro, nan datang dengan jenis Core Ultra 7 dan Core Ultra 9 untuk area Asia-Pasifik (APAC). Produk terbaru ini menjadi penyempurna dari generasi sebelumnya dan digadang-gadang bakal masuk ke Indonesia.

Tekno Liputan6.com sendiri berkesempatan memandang langsung MateBook X Pro saat menghadiri peluncuran produk penemuan terbaru Huawei di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (13/5/2024). 

Kesan mewah menjadi rasa nan pertama kali muncul saat memandang Huawei MateBook X Pro. Bahkan sepertinya, produk ini seolah dikhususkan untuk menyenggol kompetitornya ialah MacBook Air besutan Apple. 

Pasalnya, kreasi laptop ini bisa dibilang mirip. Bodi ramping dan ringan dengan material magnesium alloy. Ketebalannya pun hanya 13,7 milimeter, dengan 4 milimeter di bagian nan meruncing.

<p>MateBook X Pro nan baru saja resmi diperkenalkan untuk pasar Asia Pasifik (APAC). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)</p>

Huawei menyatakan berat MateBook X Pro hanya 980 gram, lebih ringan dari MacBook Air nan berbobot 1,24 kilogram. Hal itu cukup membikin takjub, karena nomor tersebut biasanya muncul di kitab resep masakan, bukan di katalog spesifikasi laptop.

Saya pun mencoba membuktikan seberapa ringan laptop tersebut. Tidak banyak laptop nan bisa dipegang dengan satu tangan tanpa membikin pergelangan mengeluh, dan Huawei MateBook X Pro menjadi salah satunya.

MateBook X Pro menjadi laptop pertama Huawei nan mendapatkan CPU Intel Ultra 9, dilengkapi layar OLED elastis 14,2 inci dengan kecepatan refresh 120hz, kecerahan puncak 1000 nits, dan resolusi 3120×2080. Tampaknya, sedikit nan bisa menandinginya di bumi Windows.

Untuk bodi, Huawei mempertahankan style perspektif bulat, sisi nan melengkung halus, dan logo perusahaan polos tapi menonjol.

Speaker juga tetap menghadap ke atas, mengapit keyboard dan diselaraskan dengan konektivitas port USB-C. Tidak ada port headphone 3.5mm, nan artinya laptop Huawei ini memaksimalkan kegunaan Bluetooth alias dongle USB. 

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mesin Monster di Kelasnya

Layar laptop MateBook X Pro dengan bezel tipis di keempat sisinya terlihat sangat memuaskan. Soal resolusi sepertinya tidak perlu diragukan, apalagi kecepatan refresh 120Hz membikin aktivitas kursor dan komponen UI Windows terasa sangat lancar. 

Saya sendiri belum mencoba seberapa baik kecerahan layarnya di bawah sinar matahari, tapi sepengamatan untuk di dalam ruangan seperti tidak ada cacat. Mengetik di laptop ini juga menyenangkan, apalagi dengan model mesin nan tipis. 

Seluruh keyboard mempunyai lampu latar LED nan bisa mengeluarkan sedikit sinar di sekitar setiap tombolnya. Ada pula tombol daya nan juga berfaedah sebagai pemindai sidik jari.

Huawei MateBook X Pro menjalankan sistem operasi Windows 11. Disebutkan, adanya penerapan Super Turbo memungkinkan pengguna mem-boot dan membuka file besar dengan kecepatan tinggi, serta beranjak multitasking dalam hitungan per milidetik.

Laptop ini diperkuat dengan baterai 70Wh nan dapat memperkuat sekitar 6,5 jam untuk penggunaan harian, alias 11 jam saat pemutaran video.

Intel Core Ultra 9 nan melangkah penuh tentu mesti dibantu pendingin ekstra kuat, dan mungkin penggunaan sistem pendingin serta pembuangan panas Huawei Shark Fin Fan 3.0 nan disematkan memang bisa mengatasinya.

Dipasangkan dengan RAM 32GB dan SSD 2TB, Huawei membikin laptop ini menjadi monster di kelas ultraportabel. Untuk jenis CPU Intel Core Ultra 7, dilengkapi RAM 16GB dan penyimpanan 1TB.

Bagi pengguna macOS yang mau beranjak ke Windows, tapi tetap ingin style laptop ringan dan tipis berperforma tinggi, Huawei MateBook X Pro mungkin saja bisa menjadi pilihan. Soal seberapa baik produk ini menyaingi MacBook Air, tentu perlu diuji coba lebih lanjut.

Spesifikasi Huawei Matebook X Pro

Sebelumnya, Huawei resmi merilis laptop MateBook X Pro, nan sekarang diluncurkan di Kuala Lumpur Malaysia dalam rangka memperluas pasar area Asia-Pasific (APAC). Untuk di Negeri Jiran, produk tersebut datang dengan dua varian, ialah Core Ultra 7 dan Core Ultra 9.

Dalam persentasinya, Senior Marketing Manager Huawei, Kelsen Tan menyenggol pesaing dengan menyebut MateBook X Pro ligther than “Air”.

“Huawei MateBook X Pro 980 gram, Brand A Macbook Air 13 1,24 kilogram. Lighter than ‘Air’,” tutur Kelsen dalam aktivitas peluncuran produk terbaru Huawei nan dihadiri Tekno Liputan6.com di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/5/2024).

MateBook X Pro 2024 mempunyai spesifikasi powerful, meski dalam bodi ramping dan ringan dengan material magnesium alloy. Ketebalannya pun hanya 13,7 milimeter.

Huawei sendiri sekarang berupaya menggunakan konsep ‘Creation of Beauty’, nan menandakan produknya bergeser dari perihal nan identik dengan urusan perkantoran, ke kreasi nan unik dan indah. Hal itu pun berakibat pada penemuan corak produk demi menunjang produktivitas pengguna.

Untuk itu, MateBook X Pro 2024 adalah laptop pertama nan dilengkapi dengan layar OLED elastis 14,2 inci dengan kecepatan refresh 120hz, kecerahan puncak 1000 nits, dan resolusi 3120×2080.

Laptop ini pun menerapkan penemuan Huawei Cloud Falcon Architecture serta kreasi dual fan, ialah sistem pendingin dan pembuangan panas Huawei Shark Fin Fan 3.0, sehingga dapat menghasilkan keahlian nan kuat dan lebih mendukung pengguna dalam upaya imajinatif mereka.

Huawei MateBook X Pro dibagi dua jenis, ialah Intel Core Ultra 7 Processor dengan RAM 16 GB SSD 1 TB, dan Intel Core Ultra 9 Processor dengan RAM 32 GB SSD 2 TB.

Desain Huawei Cloud Falcon juga menghasilkan tata letak jeroan laptop nan lebih ringkas, dengan faedah memperpanjang masa pakai baterai, pembuangan panas, dan produksi suara.

Sistem pembuangan panas Shark Fin telah ditingkatkan secara komprehensif, sehingga apalagi dalam beban berat seperti me-render video 4K alias mengkompilasi kode, software tetap akan melangkah dengan lancar seperti sebelumnya.

Penerapan Super Turbo pun mengalokasikan sumber daya sistem, nan memungkinkan pengguna untuk mem-boot dan membuka file besar dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat beranjak di antar tugas per milidetik. 

Huawei MateBook X Pro juga menawarkan keahlian AI Camera dan AI Sound, nan memberikan pengalaman konvensi online terbaik. Hal itu dapat tercipta lewat webcam dengan resolusi 1080p dan dipadukan dengan 4 mikrofon dan 6 speaker.

Tidak ketinggalan adanya dua port Thunderbolt 4 USB-C, WiFi 6, Bluetooth 5.3. Adapun laptop tersebut disokong sumber daya baterai 70wHr nan mendukung pengisian daya sigap 140w dan memungkinkan penggunaan 3 jam hanya dengan mengisi baterai selama 10 menit.

Harga Huawei Matebook X Pro

Untuk diketahui, Huawei telah resmi merilis produk baru ialah Huawei Watch Fit 3 dan Huawei MateBook X Pro, nan rencananya kedua produk tersebut bakal rilis di Indonesia.

Soal harga, Tekno Liputan6.com berkesempatan datang dalam peluncuran produk inovatif tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia.

Senior Marketing Manager Huawei, Kelsen Tan menyampaikan, untuk Huawei Watch Fit 3 sendiri dibandrol dengan nilai 599 Ringgit Malaysia untuk jenis fluoroelastomer strap, sedangkan nilai 699 Ringgit Malaysia untuk jenis nylon strap, leather strap.

“Ini merupakan nilai nan kami keluarkan dalam launching,” tutur Kelsen di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/5/2024).

Sementara itu, produk laptop Huawei Matebook X Pro berada di nilai 8.999 Ringgit Malaysia untuk jenis Intel Core Ultra 7 Processor, 16 GB+1 TB. Adapun untuk jenis Intel Core Ultra 9 Processor, 32 GB+2 TB dibanderol 10.999 Ringgit Malaysia.

Merujuk pada kurs mata duit saat ini, RM 599 setara dengan kisaran Rp 2 juta, sedangkan RM 699 setara dengan Rp 2,3 juta. Adapun RM 8.999 setara dengan Rp 30,5 juta dan RM 10.999 di Rp 37,3 juta.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6