Harta Wanita Terkaya di Dunia Francoise Bettencourt Meyers Susut Rp 108 Triliun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan wanita terkaya di bumi sekaligus pewaris L'Oreal  Francoise Bettencourt Meyers merosot pada Jumat, 9 Februari 2024 lantaran saham L’Oreal turun tajam.

Dikutip dari Forbes, ditulis Minggu (11/2/2024), kekayaan Bettencourt Meyers dan keluarganya turun USD 6,9 miliar alias sekitar Rp 108,21 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.683). Dengan demikian, kekayaan Bettencourt Meyers dan keluarganya mencapai USD 91,7 miliar alias sekitar Rp 1.438 triliun.

Saham L'Oreal nan merosot membawa Francoise Bettencourt Meyers dan family alami penurunan kekayaan terbesar di antara miliarder, berasas real time Forbes.

Bettencourt Meyers nan sebagian besar kekayaannya berasal dari saham keluarganya di perusahaan kosmetik raksasa tetap menjadi orang terkaya ke-15 di dunia. Ia juga menjadi wanita terkaya dengan kekayaan sekitar USD 26 miliar, lebih besar dari pewaris Walmart Alice Walton nan merupakan wanita terkaya ke-2 di dunia.

Saham L’Oreal turun nyaris 8 persen ke level terendah dalam tiga bulan setelah perlambatan upaya di Asia sehingga menyebabkan penjualan kuartalan perusahaan jauh di bawah prediksi analis.

Berdasarkan info FactSet, koreksi saham L’Oreal merupakan terlemah sejak 27 Oktober 2008. Saham L’Oreal merosot 9 persen sepanjang 2024, sehingga kapitalisasi pasar turun USD 25 miliar alias sekitar Rp 393,09 triliun.

Adapun Bettencoourt Meyers, cucu dari pendiri L’Oreal Eugene Schueller dan satu-satunya putri dari mantan wanita terkaya di bumi Liliane Bettencourt, nan menjabat sebagai vice chairwoman L’Oreal.

L’Oreal menjadi perusahaan paling berbobot ke-6 di Eropa berasas kapitalisasi pasar, hanya tertinggal dari raksasa Novo Nordisk, raksasa makanan Nestle, produsen chip asal Belanda ASML, dan LVMH serta Hermes. Anak perusahaan L’Oreal meliputi Kiehl’s, Maybelline, dan Garnier.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Penjualan di Asia Melemah, Saham L'Oreal Tersungkur 7%

Sebelumnya diberitakan, saham L'Oreal turun lebih dari 7% pada Jumat, 9 Februari 2024 sebelum sedikit mengurangi kerugiannya. Penurunan ini akibat laporan penjualan L'Oreal  nan lebih rendah dari perkiraan dan menunjukkan adanya perlambatan permintaan di Asia.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (10/2/2024), merek kecantikan terbesar di bumi itu pada Kamis melaporkan penjualan kuartal keempat di bawah perkiraan, naik 2,8% menjadi USD 11,4 miliar alias setara Rp 177,9 triliun dugaan kurs Rp 15.611 per dolar AS). 

Perusahaan, nan mempunyai merek seperti Lancome dan Kiehl’s, juga mencatat peningkatan penjualan setahun penuh sebesar 7,6% pada 2023 menjadi USD 44,37 miliar alias setara Rp 692,6 triliun.

Penurunan kuartalan ini disebabkan oleh aktivitas di Asia Utara, termasuk Tiongkok, di mana penjualan turun 6,2% selama periode tiga bulan. Penjualan sebaliknya meningkat di Eropa dan Amerika Utara.

CEO L'Oreal, Nicolas Hieronimus mengatakan perusahaannya tetap sangat ambisius di Tiongkok, menambahkan mereka mempunyai rencana pertumbuhan nan kuat untuk negara tersebut pada 2024 dan seterusnya.

Sektor peralatan mewah telah berada di bawah tekanan sejak akhir 2023, lantaran kondisi makroekonomi dan geopolitik nan susah telah membebani shopping konsumen, terutama di Amerika Serikat dan Tiongkok.

Di sisi lain, merek-merek kelas atas tertentu tampaknya telah melawan tren tersebut dan terus menarik pembeli nan semakin selektif. Hermes misalnya, saham Hermes naik 5,1% pada Jumat setelah melaporkan lonjakan penjualan lantaran konsumen kaya terus mencari tas eksklusif Birkin dan syal sutra meskipun nilai naik.

Pewaris L’Oreal Francoise Bettencourt Meyers Jadi Perempuan Pertama nan Catat Kekayaan Rp 1.542 Triliun

Sebelumnya diberitakan, pewaris L’Oreal dan wanita terkaya di dunia, Francoise Bettencourt Meyers menjadi wanita pertama nan mempunyai kekayaan USD 100 miliar alias sekitar Rp 1.541 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.418) berasas jenis Bloomberg.

Mengutip CNN, ditulis Jumat (29/12/2023), menurut indeks miliarder Bloomberg nan mencantumkan Francoise Bettencourt Meyers sebagai orang terkaya ke-12, tepat di atas Mukesh Ambani dan di bawah Carlos Slim. Sebelumnya Carlos Slim mencatat posisi pertama sebagai orang kaya di Amerika Selatan nan kekayaanya lewati USD 100 miliar.

Adapun saham L’Oreal berada pada rekor tertinggi. Saham  L’Oreal meningkat 35 persen pada 2023 lantaran konsumen terus berbelanja produk mewah sejak pandemi COVID-19.

Menurut L’Oreal, pada 2022, Bettencourt Meyers dan keluarganya mempunyai lebih dari 34 persen saham perusahaan. Bettencourt Meyers adalah anak tunggal Liliane Bettencourt nan ayahnya, Eugene Schueller mendirikan grup L’Oreal. Ia mewarisi kepemilikan dari ibunya saat Bettencount meninggal pada 2017.

Portofolio Merek

Bettencourt Meyers menjadi chairwoman perusahaan induk keluarga, Tethys, dan wakil ketua majelis direksi L’Oreal Group.Perusahaan kosmetik terbesar di bumi nan mempunyai portofolio merek nan luas mulai dari Lancome hingga Maybelline mempunyai penjualan lebih dari 38 miliar euro alias sekitar USD 42 miliar pada 2022, berasas laporan perusahaan.

Awal 2023, L’Oreal membeli merek Australia Aesop dalam kesepakatan senilai USD 2,5 miliar, akuisisi merek terbesar nan pernah dilakukan oleh raksasa kecantikan Prancis. Rekor sebelumnya adalah pembelian YSL Beaute senilai USD 1,7 miliar pada 2008, menurut info dari Dealogic.

Kekayaan Bettencourt Meyers tetap relatif mini jika dibandingkan dengan chairman LVMH Bernard Arnault. Orang terkaya kedua di bumi ini mencatat kekayaan bersih USD 179 miliar alias sekitar Rp 2.760 triliun.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6